SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Kebudayaan DIY Umar Priyono saat tumpengan syukuran jelang pelaksanaan FKY 28 di Taman Kuliner Sleman, Senin (15/8/2016). (Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja)

FKY 2016 memiliki konsep berbeda.

Harianjogja.com, SLEMAN – Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 28 tahun akan dibuka di titik nol kota Jogja pada Selasa (23/8/2016) oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubawono X.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kegiatan tersebut digelar hingga 9 September di Taman Kuliner Condongcatur Sleman. Festival yang telah menginjak tahun ke-28 itu mengangkat tema Masa Depan, Hari Ini Dulu.

“Tema ini mencoba meneropong suatu masa, di detik, menit, jam, tahun, bahkan abad mendatang, dengan fenomena kebudayaan sebagai titik acu ide,” kata Direktur Bagian Umum FKY 28 Setyo Harwanto saat jumpa pers, Senin (15/8/2016) di Taman Kuliner Sleman.

Direktur Program Pertunjukan, Ishari Sahida mengatakan kebudayaan di sini tidak hanya tentang artefak dan tradisi belaka, tetapi menjangkau realitas kehidupan yang lebih luas. Misalnya, aktivitas sosial, pendidikan, arsitektur, masyarakat urban, teknologi, seni, gaya hidup, komunikasi, hingga politik.

“Seluruh persiapan terus dilakukan mulai Para Perupa Muda (PAPERU), serta Open Call Aktor untuk program Kolase Teater Jogja. Masuk ke FKY gratis,” katanya.

Pihak penyelenggara berharap, apa yang disuguhkan selama FKY berlangsung bukan sebatas ‘tontonan’ semata, tetapi juga menjadi cara pandang dan pemicu partisipasi masyarakat mengenai masa depan kebudayaan.

“Kesenian memang, bukan menjadi gerbang utama memasuki masa depan, tetapi, setidaknya bisa menjadi pintu masuk pembicaraan lain melalui imajinasi,” ujar Direktur Seni dan Kreatif FKY 28 Roby Setiawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya