SOLOPOS.COM - Parade Gejog Lesung dengan kolaborasi kelompok penyanyi yang tampil memeriahkan pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) di Kulonprogo, Jumat (29/8/2014) di Alun-alun Wates. (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) Gunungkidul akan digelar 3-9 September 2014 di bekas Terminal Wonosari. Mendapat kucuran dana Rp1 miliar seperti daerah lain, panitia akan mengundang kesenian dari daerah lain.

Kabid Kebudayaan Disbudpar Gunungkidul Ristu Raharja menuturkan kesenian dari luar daerah yang akan ditampilkan misalnya wayang kampung sebelah dan wayang orang. Namun, kesenian asli daerah juga tetap menjadi menu utama. Tujuan mengundang kesenian daerah lain untuk memotivasi kesenian lokal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kriteria yang digunakan untuk menetukan kesenian yang akan tampil yakni berbasis orientasi kepada pemirsa. Kesenian yang akan tampil yakni kesenian yang memiliki nilai jual, yang disenangi masyarakat,” ujar Ristu, Jumat (29/8/2014).

Selanjutnya, kesenian di Gunungkidul bisa dilestarikan karena mendapatkan ruang serta waktu untuk tampil.

Camat Wonosari Iswandoyo mengaku menyambut baik penyelenggaraan FKY di Gunungkidul. Menurutnya ajang ini bisa untuk mendorong kesenian di Gunungkidul agar lebih maju lagi. Kecamatan Wonosari pun siap mengirimkan kelompok jathilan Turonggo Bekso dair Dusun Kalidadap, Desa Gari. Setiap kecamatan di Sleman akan unjuk gigi menampilkan pertunjukan seni andalan masing-masing di FKY yang digelar Sabtu (30/8/2014) hingga Senin (1/9/2014).

“Biasanya memang terpusat di Kota Jogja, tapi tahun ini daerah juga diberi kesempatan untuk mengadakan sendiri,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman, Ayu Laksmidewi, Sabtu (30/8/2014).

FKY Sleman diadakan tiga hari di Lapangan Getas, Tlogoadi, Mlati. Masyarakat bisa menyaksikan pertunjukkan seni jatilan, kuntulan, dan kesenian lainnya sejak pagi hingga malam hari. Berbagai karya seni dan potensi produk Sleman juga turut memeriahkan acara. Ayu berharap antusiasme masyarakat tidak kalah dengan FKY yang terletak di pusat kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya