SOLOPOS.COM - Parade Gejog Lesung dengan kolaborasi kelompok penyanyi yang tampil memeriahkan pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) di Kulonprogo, Jumat (29/8/2014) di Alun-alun Wates. (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

Harianjogja.com, KULONPROGO– Parade Gejog Lesung memeriahkan pembukaan rangkaian Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) di Kulonprogo, Jumat (29/8/2014). Kesenian yang menjadi salah  satu ikon seni Kulonprogo ini dilakukan oleh ratusan penggejog dari 12 kecamatan.

Ratusan ibu-ibu tani berpakaian tradisional tampil kompak saat menggejog lesung. Alat yang selama ini dikenal sebagai penumbuk padi itu berubah fungsi menjadi kesenian yang unik dan khas masyarakat tani di masa lampau. Meski lesung tak lagi digunakan sebagai penumbuk padi, tetapi, alat yang terbuat dari kayu itu masih dilestarikan hingga saat ini sebagai salah satu kesenian rakyat khas Bumi Menoreh ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Suara khas gejog lesung memecah keramaian pembukaan FKY di Kulonprogo. Ketua Umum FKY Kulonprogo Joko Mursito mengatakan ada kurang lebih 124 penggejlog atau penumbuk padi yang tampil dalam pembukaan ini.

“Parade Gejog Lesung ini melibatkan ratusan penggejog dan ada 24 gejog lesung yang dimainkan,” ujar Joko di sela acara.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kulonprogo Eko Wisnu Wardhana mengatakan festival ini merupakan sinergisitas antara Pemerintah DIY melalui Dinas Kebudayaan dengan memanfaatkan dana keistimewaan. Di mana dana ini diperuntukkan sebagai pendukung kegiatan pengembangan, pembinaan serta pelestarian seni dan budaya, baik tradisional maupun kontemporer yang ada di Kulonprogo ini.

“Selain itu, kegiatan ini juga dapat turut mengangkat karya-karya seni baru yang diciptakan seniman-seniman Kulonprogo. Di samping itu dapat menjadi media informasi, promosi maupun hiburan bagi warga Kulonprogo,” papar Eko.

Parade Gejog Lesung tak hanya menjadi kesenian rakyat yang dimiliki Kulonprogo. Ratusan penari Tari Angguk tampil lemah gemulai dan lincah mengawali karnawal budaya. Ada kurang lebih 100 penari dari puluhan kelompok Tari Angguk asal Kulonprogo. Dalam karnaval ini setiap kecamatan juga menampilkan potensi seni tradisional maupun kontemporer unggulannya.

Penyelenggaraan festival ini akan digelar selama enam hari hingga Rabu (3/9/2014). Setidaknya ada 4.000 seniman yang akan tampil  memeriahkan festival kesenian ini. Ribuan seniman tersebut berasal dari 12 kecamatan yang ada di daerah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya