SOLOPOS.COM - Ristu Raharja Kabid Kebudayaan Disdikpora Gunungkidul. (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Gunungkidul juga akan meramaikan Festival Kesenian Yogyakarya (FKY). Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunungkidul akan menggelar FKY pada 3-9 September di bekas Terminal Wonosari.

Kabid Kebudayaan Disbudpar Gunungkidul Ristu Raharja menuturkan setiap kabupaten di DIY mendapatkan alokasi untuk menggelar FKY di masing-masing kabupaten. Gunungkidul pun mengambil kesempatan tersebut untuk menggelar pentas kesenian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kriteria yang digunakan untuk menetukan kesenian yang akan tampil yakni berbasis orientasi kepada pemirsa. Kesenian yang akan tampil yakni kesenian yang memiliki nilai jual, yang disenangi masyarakat.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sekarang ini pecinta seni semakin pandai menilai sehingga mereka semakin tahu kesenian yang baik itu yang seperti apa,” ungkap dia.

Ajang ini diharapkan mampu menjadi wahana untuk seniman dalam mengekspresiken diri. Selanjutnya, kesenian di Gunungkidul bisa dilestarikan karena mendapatkan ruang serta waktu untuk tampil.

“Kami juga akan menampilkan kesenian dari luar Gunungkidul. Bukannya kami tidak menghargai kesenian milik sendiri, namun ada tujuan lain,” imbuh dia.

Tujuan yang ia maksud yakni agar masyarakat juga bisa mengapresiasi kesenian dari luar daerah. Setelah itu, pelaku seni di Gunungkidul diharapkan semakin terdorong untuk maju terutama yang belum mendapatkan kesempatan tampil.

“Masing-masing kabupaten mendapatkan alokasi dana Rp1 miliar untuk menggelar FKY ini,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya