SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA – Tugu Jogja akan menjadi pusat, pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) XXVI 2014, mulai Rabu (20/8/2014). Acara pembukaan akan ditandai dengan kirab ribuan peserta mulai pukul 16.00 WIB dari Jembatan Gondolayu dan berakhir di kawasan Hotel Tugu, Kleringan, Malioboro.

Kirab melibatkan 26 kontingen yang terdiri dari perwakilan kabupaten/kota, komunitas kebudayaan, dan sejumlah kelompok street art seperti Papermoon Puppet Theatre dan Jampi Gugat, serta rombongan 26 angkringan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Panitia Setyo Harwono menuturkan rombongan yang diperkirakan berisikan ribuan orang tersebut akan menggelar kirab dari Jl. Jenderal Sudirman tepatnya dari Jembatan Gondolayu ke arah barat dan berakhir di Parkir PLN Mangkubumi (eks Kedaung). Setelah acara kirab berakhir, acara kemudian dilanjutkan dengan seremonial pembukaan di panggung besar terbuka yang dipusatkan di Tugu.

Selain pembukaan yang rencananya akan dipimpin langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, pihaknya juga akan menampilkan beberapa pertunjukan seni. Mulai dari pertunjukan musik Sesar Perkusi, Karawitan Canda Nada, Pertunjukan tari Pragina Gong dan Jogja Video Mapping Project.

Panitia juga telah menyiapkan acara khusus yang bertajuk Salutation. Acara tersebut merupakan suatu bentuk penghormatan kepada mantan Ketua FKY I-XXV atas dedikasi dan kepeduliannya terhadap perkembangan seni dan budaya Jogja. Pada saat yang bersamaan, panitia juga menyiapkan rencana seremonial tumpeng lengkap dengan hiburan musik Gang X dan pertunjukan Lampu Kota di panggung Plasa Pasar Ngasem mulai pukul 19.00 WIB.

Terpisah, Sekretaris FKY Ryan Budi mengatakan panitia juga akan melakukan pemadaman lampu penerangan jalan. Pemadaman tersebut akan dilakukan selama enam hari, yakni pada 19-20 Agustus, 28-29 Agustus dan 4-5 September pada 18.00 WIB-23.00 WIB pada jam yang sama.

Pada pemadaman 19-20 Agustus, ia menjelaskan akan dilakukan pada sejumlah titik yang meliputi sekitar kawasan Jl. Jenderal Sudirman (barat Jembatan Gondolayu), Jl. Diponegoro (Pasar Kranggan ke timur), depan SPBU AM Sangaji ke arah selatan hingga Jl. Margo Utomo.

Sementara untuk 28-29 Agustus, pemadaman akan dilakukan sepanjang Jl. Kleringan hingga apotek K-24. Sedangkan untuk pemadaman 4-5 September, akan dilakukan di sejumlah titik meliputi Jl. Senopati (depan Kantor Pos), sekitar Monumen Serangan Umum 1 Maret, sebagian taman kota Gedung Agung, Jl. Trikora, Jl. KH Ahmad Dahlan hingga PKU Muhammadiyah.

“Untuk itu, kami mohon maaf jika penutupan jalan dan pemadaman terebut mengganggu kenyamanan masyarakat,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya