SOLOPOS.COM - Ilustrasi keberagaman agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. (notthingham.com)

FKUB Jateng menilai momentum solidaritas bagi etnik Rohingya tepat untuk membentuk paguyuban lintas agama tingkat kecamatan hingga desa.

Semarangpos.com, SEMARANG — Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Tengah mengusulkan pembentukan paguyuban di tingkat kecamatan/desa yang anggotanya berasal dari lintas agama guna mempererat tali silaturahim.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Bentuk paguyuban-paguyuban yang anggotanya atau pengurusnya dari lintas agama sehingga kalau ada apa saja atau gejala-gejala sosial yang kurang baik, maka para tokoh agama bisa berkomunikasi,” kata Ketua FKUB Jateng, Mudjahirin Tohir, di Kota Semarang, Rabu (6/9/2017).

Sejauh ini, pembentukan FKUB baru dilakukan di tingkat provinsi dan kabupaten atau kota, sedangkan di tingkat kecamatan dan kelurahan atau desa belum ada Menurut dia, tindak kekerasan yang dialami etnis Rohingya di negara Myanmar menjadi momentum yang baik bagi bangsa Indonesia, khususnya warga Provinsi Jateng, untuk mempererat tali silaturahim antarumat beragama.

“Ini momentum yang baik, bagaimana antarumat beragama itu saling menghormati dan dilakukan secara terus menerus, pemerintah tinggal memfasilitasi sarana-sarana yang dibutuhkan,” ujarnya. Ia berharap situasi kondusif dan kerukunan antarumat beragama di Provinsi Jateng dapat terus terjaga.

Hal tersebut disampaikan Mudjahirin Tohir seusai mengikuti rapat koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah yang dipimpin Sekda Jateng Sri Puryono dan dihadiri juga oleh Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng K.H. Ahmad Darodji.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya