Fixed! KA Bandara Solo Meluncur 28 Desember 2019
Kereta api yang akan dioperasikan untuk rute Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo Solo. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO -- Kereta api (KA) bandara dari Stasiun Solo Balapan ke Bandara Adi Soemarmo, Solo, dijadwalkan beroperasi mulai 28 Desember 2019. Jadwal ini mundur dari pengumuman sebelumnya yakni 24 Desember 2019.

KA bandara Solo rencananya diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kendati demikian, masyarakat mesti bersabar untuk menjajal moda transportasi ini karena belum bisa langsung digunakan oleh masyarakat setelah peluncuran.

KA bandara masih masa uji coba. Humas Bandara Adi Soemarmo, Danardewi, mengatakan peresmian KA Bandara pada Sabtu (28/12/2019). Menurutnya, perubahan ini terjadi lantaran menyesuaikan kondisi di lapangan.

“Operasionalnya masih masuk masa uji coba. Maka dari itu ada perubahan jadwal. Jadi, setelah diresmikan belum bisa digunakan masyarakat,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Senin (16/12/2019).

Gagal Nyalip, Bus Sumber Selamat Nyungsep di Parit Saradan Madiun

General Manager Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, sebelumnya mengatakan fasilitas counter check in disiapkan di peron KA Bandara di Stasiun Solo Balapan dan Stasiun KA Bandara di Bandara Adi Soemarmo.

Dengan demikian, para penumpang yang hendak melanjutkan perjalanan menggunakan pesawat terbang tidak perlu check in lagi.

“Saya yang penting jalan dulu [KA Bandara] sehingga belum ada target. Tapi, tentu jika ini sudah beroperasi potensinya luar biasa. Saya juga jajaki maskapai untuk membuka rute baru khususnya internasional,” katanya.

KA Bandara melayani 60 kali perjalanan pergi pulang (PP) dalam sehari. Jadwal keberangkatan KA Bandara ini dari Stasiun Solo Balapan dimulai pukul 04.25 WIB dan terakhir pukul 23.14 WIB.

2 Orang Ditangkap Polisi Sukoharjo Karena Ajukan Pinjaman Pakai BPKB Palsu

Sedangkan KA dari Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo berangkat pukul 04.53 WIB dan terakhir pukul 23.42 WIB. Sementara waktu tunggu per trip selama 19 menit.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan bakal beroperasinya KA Bandara ini demi melayani masyarakat.

Dalam hal ini banyaknya trip KA Bandara dalam sehari sudah diatur sedemikian rupa serta berkoordinasi dengan berbagai pihak. Trip KA Bandara ini termaktub dalam Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2019 yang resmi berlaku 1 Desember 2019.

“Kalau trip banyak [KA Bandara], mohon kesadaran semua pihak karena ini untuk kepentingan bersama. Tentu ini akan membawa dampak padatnya perlintasan Joglo,” katanya.

Pengin Lihat Pesta Kembang Api Malam Tahun Baru di Soloraya? Ini Lokasinya

Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah menargetkan pembangunan kereta api (KA) Bandara akan rampung pada akhir Desember 2019.

Sesuai timeline pekerjaan, KA Bandara siap uji coba operasional pada Sabtu (28/12/2019) mendatang. Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah, Bram Hertasning, mengatakan proses pengerjaan jalur KA Bandara dilakukan dengan menerapkan standar keselamatan yang tinggi dengan proses pengujian berlapis.

“Sesuai tahapan dalam pengerjaan proyek, setelah konstruksi rel KA bandara rampung, masuk masa pengujian dilanjutkan uji coba serta evaluasi sebelum akhirnya digunakan untuk masyarakat umum. Trek rampung termasuk tunnel IC pada Selasa [24/12/2019] dilanjutkan pemecokan dengan multi tie temper [MTT] atau Mesin Perawatan Jalan Rel [MPJR],” jelasnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho