Fix! Retribusi Pedagang Rp5.000, Parkir Motor Rp2.000 di CFD Colomadu

Pada CFD Colomadu berikutnya, pedagang akan dikenakan retribusi Rp5.000/lapak. Sementara tarif parkir diseragamkan Rp2.000/motor.

 Petugas dari karang taruna desa menata kendaraan yang diparkir jalan sekitar CFD Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Minggu (25/9/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

SOLOPOS.COM - Petugas dari karang taruna desa menata kendaraan yang diparkir jalan sekitar CFD Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Minggu (25/9/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Tarif retribusi pedagang di area car free day (CFD) Jl. Adisucipto, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar ditetapkan Rp5.000 per lapak. Selain itu, tarif parkir di sekitar area CFD juga diseragamkan menjadi Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Hal tersebut menjadi beberapa poin kesepakatan dalam evaluasi CFD Colomadu antara panitia dengan elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan CFD. Evaluasi pelaksanaan CFD Colomadu perdana itu digelar di Kantor Kecamatan Colomadu, Selasa (27/9/2022).

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Tarif retribusi untuk pedagang Rp5.000. Retribusi ini antara lain digunakan untuk biaya operasional CFD yang mencapai Rp5.000 per kegiatan CFD,” ujar Ketua Panitia CFD Colomadu, Dwi Adi Susilo, Kamis (29/9/2022).

Tarif parkir juga akan diseragamkan. Sebelumnya, tarif parkir di sekitar area CFD perdana, Minggu (25/9/2022) lalu masih berbeda-beda, khususnya untuk sepeda motor. Ada juru parkir yang mengenakan Rp2.000/motor, ada pula yang Rp3.000/motor. Juru parkir ini berasal dari anggota karang taruna desa di wilayah yang menjadi ajang CFD.

Baca Juga: CFD Colomadu Karangnyar Dilanjutkan, PKL akan Dipungut Retribusi

“Berdasarkan kesepakatan panitia dengan semua elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan CFD Colomadu, disepakati bahwa tarif parkir diseragamkan menjadi Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil,” imbuhnya.

Penetapan tarif parkir tersebut didasarkan atas aspek kewajaran pelayanan kepada masyarakat yang ingin berkunjung ke CFD. “Ini merupakan bagian dari pelayanan kepada pengunjung supaya mereka tetap nyaman dengan tarif yang wajar,” imbuhnya.

Penetapan tarif retribusi dan parkir kendaraan ini segera dibuatkan surat keputusan (SK) Camat Colomadu dan Ketua CFD.

Selain membahas retribusi dan tarif parkir, dalam evaluasi tersebut juga muncul usulan agar Pemkab Karanganyar membuka pelayanan-pelayanan seperti perizinan, pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pembayaran pajak kendaraan, dan lain-lain di CFD Colomadu.

Terpisah, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karanganyar, Timotius Suryadi, mengaku siap membuka pelayanan di CFD.

Baca Juga: Perdana CFD Colomadu, Masih Banyak Pengendara Motor Curi-curi Kesempatan

“Kami akan siapkan. Layanan pendampingan dan informasi untuk mendapat Nomor Induk Berusaha [NIB] melalui online single submission [OSS] bagi UMKM. Namanya layanan Jempol atau Jemput OSS dan Layanan DPMPTSP, ” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, kesuksesan car free day (CFD) Colomadu, Kabupaten Karanganyar, di Jl Adisucipto yang digelar perdana pada Minggu (26/9/2022) membuat Pemkab memastikan akan melanjutkan kegiatan pekanan ini. Pada CFD Colomadu berikutnya, PKL akan ditarik retribusi.

Pada kegiatan perdana tersebut belum ada pungutan retribusi kepada PKL. Rencananya, pada CFD berikutnya atau mulai 2 Oktober 2022 dan seterusnya retribusi sudah akan diberlakukan.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Langganan, Asmoro Decoration Kembali Dipercaya Mendekor Venue Nikahan Kaesang

      Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono akan mengusung konsep Mataram Islam.

      Pekan Ini, Pemdes Kliwonan Sragen bakal Gelar Bazar Batik dan Kuliner

      Selain bazar batik dan kuliner, Pemdes Kliwonan juga akan menyajikan pasar malam dan hiburan untuk memeriahkan acara yang digelar selama empat hari itu.

      Bupati Karanganyar Ajak Mahasiswa KKN Ikut Kampanyekan Bahaya Stunting

      Bupati Karanganyar Juliyatmono mengajak 440 mahasiswa yang KKN di Karanganyar sosialisasikan bahaya stunting di lokasi KKN.

      Ini Prosesi Adat Pernikahan Kaesang-Erina di Loji Gandrung

      Sejumlah prosesi adat pernikahan Kaesang-Erina akan dilaksanakan di Loji Gandrung.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Sakral di Loji Gandrung Solo, Ceria di Mangkunegaran

      Pernikahan asat Kaesang-Erina akan berlangsung di Loji Gandrung, sedangkan resepsi ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 6 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Selasa (6/12/2022), bisa disimak di sini.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Wonogiri Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Wonogiri, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

      Pernah Sangat Buruk, Kini Sukoharjo Raih Anugerah Meritokrasi Kategori Baik

      Sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

      Perkumpulan Sasana Purnama Soloraya Ikut Kirim Bantuan Korban Gempa Cianjur

      Perkumpulan Sasana Purnama (PSP) yang dipimpin GRAy Putri Woelan Sari Dewi, ikut memberikan bantuan untuk korban bencana alam di Cianjur. Bantuan tersebut telah diserahkan ke BPBD Solo.

      Hari ini, 433 Calon PPK Pemilu 2024 Sukoharjo Ikuti Tes Tertulis di 3 Lokasi

      tes CAT PPK Sukoharjo berlangsung di Univet, SMKN 1 Sukoharjo, dan SMAN 3 Sukoharjo.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Polda Jateng Pastikan Tidak Ada Penutupan Jalan

      Polda Jateng menyatakan tidak ada penutupan jalan saat prosesi tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono pada Minggu (11/12/2022).

      Breaking News! Orang Sukoharjo Tenggelam di Dlepih Wonogiri Ditemukan Meninggal

      Tim SAR berhasil menemukan warga Sukoharjo yang tenggelam di kawasan Kahyangan, Desa Dlepih Tirtomoyo, Wonogiri.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Klaten Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Klaten, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

      Warga Perbatasan Sragen-Grobogan Kembali Temukan Jejak Kaki Macan

      Jejak kaki diduga macan ini lebih jelas daripada jejak kaki sebelumnya. Ada beberapa jejak kaki di tanah yang empuk, ada yang kecil dan ada yang besar.

      Jadwal Pilkades Serentak Boyolali 2022: Desa Sendangrejo Klego Diundur 20 Hari

      Pelaksanaan pilkades Desa Sendangrejo, Kecamatan Klego harus mundur 20 hari dari jadwal yang ditetapkan yaitu pada Selasa (27/12/2022).