SOLOPOS.COM - Gmail (Forbes.com)

Fitur baru Gmail kali ini adalah “undo send” yang memungkinkan pengirim email untuk menarik kembali suratnya yang sudah terlanjur terkirim.

Solopos.com, NEW YORK – Layanan pesan elektronik Google Mail atau Gmail memuat fitur baru berupa “Undo Send”. Fitur ini dapat digunakan untuk menarik kembali surat elektronik atau email yang sudah dikirim.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Dilansir Mashable, Kamis (25/6/2015), dalam blognya Google menegaskan setting ini dapat dipakai untuk email salah alamat yang sudah terlanjur dikirim.

“Hari ini kami menambahkan Undo Send sebagai setting di Gmail untuk web,” tulis Google di blognya, Kamis (25/6/2015). “Undo Send memungkinkan orang yang memakai Gmail untuk membatalkan email yang sudah terkirim jika mereka pikir ada yang salah,” tambah Google.

Fitur bernama Undo Send ini tersedia untuk semua pengguna Gmail. Pengguna cukup mengakses menu setting, kemudian mencontreng fungsi Enable Undo Send. User akan diberi pilihan 10, 20 atau 30 detik untuk menarik kembali pesan. Lewat waktu itu, pesan sudah tidak bisa dibatalkan.

Jika fitur tersebut sudah diaktifkan, maka begitu mengirim email, akan terlihat opsi Undo. Jika ditekan, pengguna diberi pilihan menghapus atau mengubah pesan. Tapi perlu dicatat kalau sepertinya fitur ini akan tersedia bertahap, belum semua user Gmail bisa menikmatinya saat ini.
Fitur ini sebenarnya sudah tersedia sebagai eksperimen di Gmail Labs sejak sekitar enam tahun lampau. Kini semua user Gmail akan menikmatinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya