SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Fitur baru Facebook diluncurkan agar pengguna bisa lebih hemat dalam pemakaian data.

Solopos.com, SOLO – Jejaring sosial Facebook resmi memperkenalkan versi hemat data yang disebut Facebook Lite di kawasan Asia. Manajer Produk Facebook Lite Vijay Shankar, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (26/6/2015), mengatakan pihaknya meluncurkan versi hemat data tersebut pada Kamis (25/6/2015) sebagai solusi untuk mendukung pengguna di berbagai jaringan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Lebih dari 1 miliar orang dari penjuru dunia mengakses Facebook menggunakan perangkat mobile dengan berbagai jaringan. Pada banyak kawasan, jaringan mobile bisa lambat sehingga tidak bisa mendukung fungsionalitas,” katanya seperti dilansir Antara.com.

Karena itu, lanjut Shankar, pihaknya meluncurkan versi hemat data yang diklaim bisa bekerja dengan baik pada berbagai kondisi jaringan.

“Versi ini dibuat untuk menghadapi beragam situasi agar bisa memberikan pengalaman akses yang lebih bisa diandalkan saat ketersediaan bandwidth jaringan sangat minim,” tambahnya.

Facebook Lite sendiri merupakan versi baru dari Facebook untuk Android dan berukuran kurang dari 1 MB.

Ukurannya yang kecil diklaim akan membuat aplikasi tersebut mudah dipasang dan cepat berfungsi saat dibuka, termasuk melihat pembaruan status, foto serta notifikasi.

“Mulai Kamis (waktu Indonesia) kami meluncurkan Facebook Lite di negara-negara Asia dan dalam beberapa pekan ke depan akan tersedia di berbagai belahan Amerika Latin, Afrika dan Eropa,” ujar Shankar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya