SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

JAKARTA—Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Fitra) mengungkapkan kejanggalan terhadap pengadaan meubelair atau mebel di gedung baru Kementerian Agama di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Kejanggalan tersebut ditemukan pada pemenangan tender pelelangan proyek.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Koordinator investigasi dan Advokasi Fitra, Uchok Sky Khadafi, Inspektorat Jenderal di Kemenag melakukan pengadaan mebel sebesar Rp 1.886.419.753. Dalam pengadaan ini diikuti oleh 100 perusahaan mebel. Pemenang lelang dalam proyek itu yakni CV Yulia Multi Utama dengan nilai penawaran sebesar Rp 1.792.016.600.

Ekspedisi Mudik 2024

“Tapi aneh, yang dimenangkan CV.Yulia Multi Utama, bukan PT Layang Kintaka, yang memberikan nilai lebih rendah, hanya sebesar Rp 1.474.178.200,” ujar Uchok di Jakarta, Minggu (11/11).

Selain itu, Fitra menilai Kemenag juga melakukan pengadaan Hydrant Gedung Baru pada Inspektorat Jenderal Kementerian Agama. Pengadaan itu memakan biaya sebesar Rp 871.517.130. Pengadaan Hydrant ini diikuti oleh 27 perusahaan. Diketahui, pemenang lelangnya yakni Dewi Sartika Djaya dengan nilai penawaran sebesar Rp 829.426.730.

“Dan ini juga sangat aneh, dan janggal oleh karena dimenangkan oleh harga yang paling tinggi dan mahal yaitu perusahaan Dewi Sartika Djaya dengan nilai sebesar Rp 829 juta,” ujarnya.

Padahal penawaran yang lebih rendah dan murah yakni oleh CV. Anima Safetindo dengan nilai penawaran sebesar Rp 786.920.000.

“Sebagai Kementerian Agama seharusnya membawa misi kejujuran dan kebaikan bukan keanehan atau kejanggalan dalam proses pengadaan barang dan jasa dan hal ini sangat memalukan sekali,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya