SOLOPOS.COM - Ilustrasi Logo Bank Indonesia. (Istimewa)

Ia mengungkapkan, bank harus bisa terjun di dunia fintech, tergantung bisnis model fintech mana yang cocok dengan visi dan fokus bank yang bersangkutan

Harianjogja.com, JOGJA-Keberadaan financial technology (fintech) dinilai bukan menjadi ancaman perbankan tetapi justru menjadi tantangan untuk semakin maju. Bank diharapkan dapat melalui tantangan itu dengan menyesuaikan dengan zaman teknologi yang berkembang saat ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pada era digitalisasi ekonomi, perbankan harus mampu menjawab tantangan teknologi digital. Tidak saja harus mengeksploitasi kekuatan sumber daya yang dimiliki perbankan, tetapi perbankan harus mampu mengonversi tantangan menjadi peluang bisnis mereka,” kata Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DIY, Budi Hanoto, Minggu (22/10/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengungkapkan, bank harus bisa terjun di dunia fintech, tergantung bisnis model fintech mana yang cocok dengan visi dan fokus bank yang bersangkutan. “Misal, ingin memfasilitasi sektor ritel, market provision, payment, atau investment via fintech,” papar dia.

Hal tersebut dilakukan tergantung bisnis plan bank dan review lingkungan ekonomi dan keuangannya. Upaya sinergi dengan fintech juga dapat dilakukan untuk menjawab tantangan digitalisasi keuangan saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya