SOLOPOS.COM - Logo Otoritas Jasa Keuangan (JIBI/Solopos/Dok.)

Harianjogja.com, SLEMAN – Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad mendorong perbankan dan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) menyalurkan pembiayaan dan asuransi bagi pelaku usaha mikro.

UMKM, kata dia, memberikan kontribusi besar dalam menopang perekonomian nasional. Terutama dalam aspek penyerapan sumber daya manusia, Produk Domestik Bruto (PDB) hingga penggunaan bahan baku produksi lokal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sektor UMKM menyumbang 56 persen dari nilai Pendapatan Domestik Bruto [PDB] kita [Indonesia],” kata Hadad.

Menurut Hadad sektor usaha ini masih dihadapkan pada keterbatasan pendanaan keuangan. Termasuk masalah keterbatasan agunan, aspek legalitas dan skala ekonomi usaha. OJK, lanjut Hadad, akan mendukung pembiayaan keuangan untuk UMKM berdasarkan UU No.1/2013 tentang LKM.

“Penetrasi keuangan mikro di masa mendatang akan semakin baik dalam memberikan akses bagi semua pelaku UMKM. OJK juga akan menerapkan asuransi untuk pembiayaan mikro,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya