SOLOPOS.COM - Juergen Klopp bersama para pemain Liverpool (Reuters / John Sibley)

Finansial klub menyajikan Liverpool yang mendapatkan banyak pemasukan dari penjualan pemain.

Solopos.com, LIVERPOOL — Kita sudah biasa disuguhi informasi mengenai klub-klub yang doyan belanja pemain. Manchester City, Chelsea, dan Real Madrid adalah di antara klub yang jarang absen membeli pemain bintang dengan dana fantastis di setiap musim. Lalu, siapakah yang paling royal menjual pemain?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam laporan yang diluncurkan CIES Football Observatory, Liverpool merupakan klub yang paling royal menjual pemain dalam periode 2010-2016. Tim berjuluk The Reds tersebut total melakukan penjualan senilai 384 juta poundsterling (Rp6,2  triliun) dalam kurun waktu sekitar enam tahun terakhir ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Penjualan Luis Suarez ke Barcelona dengan harga 75 juta poundsterling (Rp1,2 triliun) pada 2014 lalu memberi andil besar atas dikukuhkannya Liverpool dalam daftar klub paling royal menjual pemain. Dengan dana besar itu, Liverpool pun bisa membeli pemain-pemain baru.

Meski demikian, total pengeluaran Liverpool untuk membeli pemain masih lebih tinggi dibandingkan hasil uang yang mereka kantongi dari menjual pemain. Seperti dilansir Dailymail.co.uk, Rabu (9/11/2016), Liverpool harus merogoh kocek hingga 591 juta poundsterling (Rp9,6 triliun) untuk mendatangkan muka-muka baru ke Stadion Anfield dalam kurun waktu enam tahun terakhir.

Namun musim panas lalu, Liverpool bukan salah satu dari 10 besar klub dengan pembelian pemain paling boros. Pelatih The Reds, Jurgen Klopp, cukup pintar untuk mendatangkan pemain baru ke Anfield dengan dana yang masih masuk akal. Toh kenyataannya, hingga pekan ke-11, Liverpool bisa memuncaki klasemen sementara Liga Premier musim ini.

“Ini benar-benar momen yang bagus dan saya tahu semua orang membandingkan dengan masa lalu, khusus di Liverpool. Tiga tahun lalu, 10, lima, hingga 25 tahun lalu, namun tim ini adalah baru, kami tim baru,” jelas Klopp yang ingin skuatnya menuliskan sejarahnya sendiri di Anfield, seperti dilansir Reuters.

Sementara itu, Valencia dan Juventus menempati urutan kedua dan ketiga dalam daftar klub yang paling royal menjual pemain di Eropa. Valencia melakukan penjualan sebesar 360 juta poundsterling (Rp5,8 triliun), sedangkan Juventus dengan 352 juta poundsterling (Rp5,7 triliun).

Juventus sebenarnya tidak banyak melakukan penjualan pemain dengan harga tinggi. Namun hingga musim panas 2016 lalu mereka melepas Paul Pogba dengan rekor transfer dunia senilai 89 juta poundsterling (Rp1,4 triliun).

Klub-klub kaya-raya di Eropa seperti Real Madrid dan Chelsea pun perlu melepas pemain-pemain mereka dengan dana besar. Itu karena mereka tidak ingin mendapat sanksi Financial Fair Play lantaran tidak terjadi keseimbangan antara menjual dan membeli pemain. Menariknya, duo Manchester, Manchester City dan Manchester United, yang menempati urutan pertama dan kedua dalam daftar klub paling boros belanja pemain tidak masuk jajaran 10 besar klub yang paling royal menjual pemain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya