SOLOPOS.COM - Pemain Jepang Kento Momota meluapkan kegembiraan setelah timnya meraih gelar juara pada Thomas Cup untuk pertama kalinya. JIBI/Reuters/Anindito Mukherjee

Solopos.com, NEW DELHI — Jepang berhasil memenangi Piala Thomas pertamanya di tahun 2014. Catatan Jepang makin spesial karena ini adalah kali pertama mereka tampil di babak final dan langsung juara.

Jepang membawa pulang Piala Thomas setelah memenangi laga final yang ketat melawan Malaysia di Siri Fort Indoor Stadium, Minggu (25/5/2014). Bertanding hingga partai kelima, Jepang akhirnya menang 3-2 setelah Takuma Ueda mengandaskan perlawanan Daren Liew dalam pertarungan tiga gim.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir detiksport, ini adalah gelar pertama bagi Jepang di kejuaraan bulutangkis dunia beregu putra dua tahunan itu. Jepang menjadi negara keempat yang pernah memenangi Piala Thomas setelah Indonesia, China, dan Malaysia.

Keberhasilan Jepang menjadi juara Piala Thomas 2014 cukup istimewa. Sebab, pasukan negeri ‘Matahari Terbit’ itu tampil sebagai juara di penampilan pertamanya di babak final.

Sejak Piala Thomas pertama kali diselenggarakan di tahun 1949, baru kali ini Jepang lolos hingga partai puncak. Sebelumnya, capaian terbaik mereka adalah babak semifinal di tahun 2010 dan 2012.

Secara keseluruhan, Indonesia masih memimpin jumlah gelar Piala Thomas dengan 13 gelar juara. China menyusul di tempat kedua dengan sembilan gelar dan Malaysia di posisi ketiga dengan lima gelar. (JIBI/SOLOPOS)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya