SOLOPOS.COM - Puluhan suporter dari Persija Jakarta (The Jak Mania) diamankan oleh petugas kepolisian di Polda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (18/10/2015). Sebanyak 84 remaja diamankan di Polda Metro Jaya lantaran diindikasi kuat akan membuat keributan pertandingan Persib Bandung melawan Sriwijaya FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno . (JIBI/Solopos/Antara/Rivan Awal Lingga)

Final Piala Presiden 2015 menjadi momentum perdamaian dua kelompok suporter yang sering berseteru, Bobotoh dan The Jakmania.

Solopos.com, JAKARTA — Kapolri Jenderal Pol. Badrodin Haiti menyerukan kepada Bobotoh dan The Jakmania untuk berdamai. Hal itu menyusul keberhasilan penyelenggaran final Piala Presiden antara Persib Bandung dan Sriwijaya FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Momentum ini dimanfaatkan untuk mendamaikan, kemarin sudah ada pertemuan antara pimpinan Jakmania dan Bobotoh. Itu yang dimanfaatkan ke depan,” kata Badrodin Haiti saat dihubungi Bisnis/JIBI, Senin (19/10/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Badrodin Haiti mengatakan ketidakharmonisan yang selama ini tercipta antara kedua belah pihak harus segera diakhiri. Menurut dia, Bobotoh dan The Jakmania tidak dapat terus menerus memelihara permusuhan karena merugikan kedua pendukung tersebut. “Kalau masih ada yang tidak mau dan mengganggu ya ditindak,” katanya.

Badrodin juga mengatakan suporter yang terbukti melakukan pelanggaran hukum akan terus diproses. Tapi dia memastikan pihaknya akan memberikan penanganan berbeda bagi suporter di bawah umur. “Yang jelas saya perintahkan siapa yang mengganggu tindak,” katanya.

Jelang pertandingan final, aparat keamanan mengerahkan pengamanan ketat untuk mengantisipasi kericuhan yang dimunculkan pendukung The Jakmania dengan Bobotoh. Hal ini mengingat kedua kelompok pendukung kerap bentrok ketika bertemu.

Seperti diberitakan, selepas perhelatan final Piala Presiden 2015, Polda Metro Jaya mengamankan 714 orang yang diduga hendak membuat kericuhan. Saat ini mereka tengah diproses guna mengetahui sejauh mana keterlibatannya.

Dalam laga final semalam, Persib Bandung keluar sebagai juara setelah mengandaskan Sriwijaya FC dengan skor 2-0. Dua gol tersebut dicetak oleh Ahmad Jufriyanto dan Makan Konate.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya