SOLOPOS.COM - Pemain Persib Bandung merayakan kemenangan setelah berhasil menjuarai Piala Presiden 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (18/10/2015). Persib menjadi juara setelah menundukkan Sriwijaya FC di final dengan skor 2-0. (JIBI/Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Final Piala Presiden 2015 menjadi ukuran kesuksesan turnamen ini. Namun ada cerita menarik hingga muncul rencana Piala Presiden 2016.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar hadiah turnamen sepak bola Piala Presiden 2016 lebih besar dibandingkan 2015 supaya klub dan pemain lebih bersemangat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada Final Piala Presiden 2015, sang juara Persib Bandung mendapatkan hadiah Rp3 miliar dan runner up Sriwijaya FC Rp2 miliar. Pemain terbaik Zulham Zamrun mendapatkan Rp200 juta dan top scorer Rp100 juta. “Saya minta hadiahnya dilipatkan,” kata Presiden Jokowi dalam acara makan malam di Istana Negara, Senin (19/10/2015).

Untuk pelaksanaan turnamen Piala Presiden 2016 atau yang kedua kalinya, panitia juga diminta bekerja sendiri mulai dari mencari sponsor hingga merangkul stasiun televisi untuk menyiarkan secara langsung pertandingan yang diselenggarakan.

Dijelaskan oleh Presiden Jokowi, saat awal turnamen, penyelenggara memang sulit untuk mendapatkan sponsor. Jokowi harus turun tangan untuk mendapatkan sponsor dengan sedikit memaksa dengan dalih perintah Presiden.

“Cari sponsor Piala Presiden itu sulit, pertama. Kedua, ini perintah Presiden, cari sponsor langsung komplet dapat, karena memang kepercayaan itu [kemarin] belum ada,” ujar Presiden.

Begitu juga dengan stasiun televisi yang bersedia menyiarkan langsung karena diperkirakan merugi. Pasalnya, mereka sudah merugi saat perhatan Sea Games sehingga Jokowi pun juga turun tangan.

“Yang punya Indosiar mana, saya undang pertama bilang ‘waduh kemarin yang Sea Games rugi, nanti kalau Piala Presiden rugi lagi’. Kedua, saya panggil lagi, ini perintah Presiden harus dilaksanakan. Eh kemarin lapor saya, ‘Pak terima kasih ratingnya tinggi sekali’,” tutur Presiden.

Presiden Jokowi menambahkan dengan kesuksesan Piala Presiden 2015, sebetulnya kecintaan masyarakat terhadap sepakbola sudah kelihatan melalui televisi dan kehadiran suporter di stadion.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya