SOLOPOS.COM - Gibran Rakabuming Raka (tengah) berfoto bareng Achmad Purnomo (kanan) dan Teguh Prakosa di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Senin (10/2/2020). (Istimewa-Tim Gibran)

Solopos.com, SOLO – Nama calon yang direkomendasikan di Pilkada Solo telah dikantongi DPP PDIP. Rekomendasi itu diumumkan paling lambat akhir Maret 2020.

Sampai saat ini ada dua nama yang cukup santer terdengar sebagai kandidat kuat calon wali Kota Solo, yakni Gibran Rakabuming Raka dan Achmad Purnomo. Sayangnya anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih merahasiakan keputusan rekomendasi tersebut.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

PAN Dukung Gibran di Pilkada Solo, Titah Amien Rais?

“Solo sudah selesai wis ono [sudah ada] list. Siapa Pak Pacul? Bukan hak saya, Pak Sejken. Sudah [diputuskan] di depan bu ketum, sudah selesai. Sudah kemarin-kemarin,” kata Bambang Wurianto selaku Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDIP, di Jakarta, seperti dikabarkan Detik.com, Senin (9/3/2020).

Pengumuman rekomendasi calon untuk Pilkada Solo bergantung pada Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Setelah calon diumumkan, PDIP bakal fokus pada pemenangan.

Diumumkan Akhir Maret 2020

Tragis! Mayat Pria Jomblo Wonogiri Gantung Diri Ditemukan Membusuk

Bambang Wurianto alias Bambang Pacul mengatakan, pengumuman rekomendasi calon PDIP untuk Pilkada Solo paling lambat disampaikan akhir Maret 2020. Dia berharap pihak DPD Solo tidak meributkan rekomendasi yang telah diputuskan DPP PDIP.

“Akhir Maret paling menting. Hitungan saya, akhir Maret itu semua sudah selesai. Maka DPD kita beri kesempatan untuk bicara dengan DPC sampai dengan 23 Maret. 23 Maret sudah enggak ribut. Sudah putusan sendiri,” imbuh bambang Pacul.

PDIP Solo Dukung Puguh

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Solo, FX. Hadi Rudyatmo menegaskan hanya mendukung pasangan calon Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa alias Puguh. Dia mengimbau kader PDIP Solo tidak takut memberikan dukungan kepada Puguh.

Puguh merupakan satu-satunya pasangan yang diusung DPC PDIP Solo dalam Pilkada Solo 2020. Sementara Gibran Rakabuming Raka mendaftar lewat jalur DPD PDIP Jawa Tengah.

Teror Ranjau Paku Hantui Flyover Manahan Solo, Ini Wujudnya

fit and proper test calon pdip di pilkada solo
Achmad Purnomo, Puan Maharani, Gibran Rakabuming Raka, dan Teguh Prakosa di DPP PDIP seusai fit and proper test, Senin (10/2/2020). (Antara)

Gibran Didukung PAN

Saat ini, Gibran Rakabuming Raka mendapatkan dukungan dari PAN untuk menjadi calon wali Kota Solo. Pernyataan dukungan itu ditegaskan oleh anak Amien Rais, Mumtaz Rais.

"PAN Solo itu mendukung Mas Gibran. Jadi saya berharap di Sleman PDIP juga ikut mendukung. Insyaallah akan terbuka titik terang di Sleman PDIP bersama PAN," ujar Mumtaz sebagaimana diinformasikan Detik.com, Selasa (10/3/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya