SOLOPOS.COM - Logo Liga Champions

Logo Liga Champions

DORTMUND—Jerman benar-benar menjadi tanah neraka bagi dua semifinalis Liga Champions asal Negeri Matador. Setelah sehari sebelumnya Barcelona dibekuk Bayern Munich, Kamis (25/4/2013) dini hari WIB giliran Real Madrid digulung Borussia Dortmund.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Robert Lewandowski menebarkan pesonanya dengan mengemas quatrick saat membantu Dortmund menekuk Madrid dengan skor 4-1 pada leg pertama semifinal di Westfalenstadion.

Hasil mentereng Dortmund ini terjadi setelah sehari sebelumnya rival mereka di Bundesliga, Bayern Munich, memborbardir Barcelona empat gol tanpa balas.

Hasil di pertemuan ini memperbesar kans terjadinya all final Jerman untuk kali pertama di Wembley, London, Inggris, pada 25 Mei mendatang. Namun pelatih Dortmund, Juergen Klopp, menepis pembicaraan mengenai kemungkinan final sesama tim Jerman. “Kami masih harus pergi ke Madrid. Itu [leg kedua] bukan seperti jalan-jalan di taman,” ujar Klopp dilansir Yahoosports.

Pertemuan kedua akan digelar di Santiago Bernabeu pada pekan depan. “Kami harus memaksa diri kami untuk tetap tenang namun leg berikutnya di Madrid tidak akan mudah bagi kami. Namun apa pun yang terjadi di Madrid, tidak ada seorang pun yang bisa mengambil kemenangan malam ini dari kami,” sebut Klopp dilansir Reuters.

Cristiano Ronaldo

Sementara sang juara Eropa sembilan kali, Madrid, hanya mampu mengemas satu gol melalui Cristiano Ronaldo. “Kami kekurangan komitmen, dimulai dari diri saya dan termasuk 10 pemain lain yang berada di lapangan,” kata bek Madrid, Sergio Ramos, kepada Canal Plus.

Kekalahan telak dari Dortmund jelas mengguncang kepercayaan diri Madrid yang berhasrat merebut gelara juara Eropa ke-10. Meski masih tersisa 90 menit di Santiago Bernabeu, Madrid mengetahui dengan pasti akan sulit membalikkan keadaan. Los Blancos, julukan Madrid, sedikitnya butuh kemenangan 3-0 atas Dortmund pada leg kedua untuk lolos ke final.

“Kami harus tetap yakin bahwa kami bisa membalikkan keadaan di leg berikutnya, masih ada 90 menit tersisa. Kami akan berjuang dari menit pertama karena ini sebuah kompetisi yang sangat berarti bagi kami,” kata Ramos.

Madrid memiliki potensi melakukan comeback pada pertemuan kedua namun rasanya akan sulit mempertahankan gawang mereka tak kebobolan gol. Mengingat saat ini barisan serang Die Borussen, julukan Dortmund, begitu eksplosif.

Pada pertemuan kedua di penyisihan grup Liga Champions musim ini Los Blancos merasakan betapa sulitnya membendung serangan Dortmund. Tampil di kandang sendiri, Madrid bahkan nyaris kalah sebelum akhirnya Mesut Ozil mencetak gol di menit ke-89 untuk menyelamatkan hasil imbang 2-2 dengan Dortmund.

Hasil imbang itu terjadi setelah di pertemuan pertama Dortmund mengalahkan Madrid dengan skor 2-1 di Westfalenstadion. “Saya pikir kami pantas mendapatkan kemenangan ini namun kami masih harus sangat berhati-hati di leg kedua,” kata direktur olahraga Dortmund, Michael Zorc.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya