SOLOPOS.COM - Ilustrasi final Liga champions Borussia Dortmund Vs Bayern Munich/Soccersclub

Ilustrasi final Liga champions Borussia Dortmund Vs Bayern Munich/Soccersclub

JAKARTA — Final Liga Champions Eropa akan mempertemukan dua tim asal Jerman Bayern Munich dan Borussia Dortmund di stadion Wembley, Minggu (26/5) dini hari.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Berikut beberapa fakta dan data kedua klub jelang pertemuannya di partai puncak esok hari.

Borussia Dortmund

– Borussia Dortmund telah memenangkan Liga Champions pada musim 1997 dengan mengalahkan Juventus 3-1.

– Pelatih Jurgen Klopp berhasil membawa timnya menang 5-2 melawan Bayern Munich musim lalu di final DFB Pokal. Penyerang Robert Lewandowski menjadi bintang dengan mencetak hat-trick.

– Bek Mats Hummels sempat bergabung di Bayern Munich dengan status pemain pinjaman dan kembali bergabung ke Dortmund.

– Playmaker Mario Gotze yang kini tengah cedera menambah panas suasana jelang Final Liga Champions karena telah menyetujui pindah ke Bayern Munich untuk tahun depan meski musim 2012-2013 belum berakhir.

Bayern Munich

– Bayern Munich berusaha keras untuk memenangkan Liga Champions untuk yang kelima kalinya. Jika mereka berhasil meraih juara maka Munich akan bergabung dengan Liverpool sebagai tim paling sukses ketiga dalam sejarah kompetisi ini di belakang AC Milan dan Real Madrid.

– The Bavarians tak terkalahkan melawan BVB di keempat pertemuan tim ‘musim ini, dua kali imbang 1-1 di Bundesliga, dan berhasil menjinakka saingan terberat mereka dengan skor 2-1 dan 1-0 di Piala Super dan DFB Pokal.

– Satu-satunya final sesama Jerman sebelumnya dalam sejarah kompetisi klub Eropa adalah di final Piala UEFA 1980, ketika Eintracht Frankfurt mengalahkan Borussia Monchengladbach lewat gol tandang setelah mencatat hasil imbang dengan jumlah agregat keseluruhan 3-3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya