SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, MADRID – Jika patokannya sejarah, maka Liverpool yang bakal menjuarai Liga Champions musim ini dibandingkan Tottenham Hotspur.

Sebagai tim tradisi yang memiliki sejarah besar, The Reds berpengalaman mengoleksi lima Si Kuping Lebar, julukan trofi Liga Champions. Sedangkan Tottenham, jangankan memperoleh gelar, tim asal London Utara ini baru akan menjejakkan kaki di partai puncak untuk kali pertama saat bertemu Liverpool di Wanda Metropolitano Stadium, Madrid, Minggu (2/6/2019) pukul 02.00 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sejarah dan nama besar memang ikut menentukan di panggung sekelas Liga Champions. Maka jangan heran, tim seperti Atletico Madrid tetap gagal memperoleh trofi, setelah dua kali bertemu tim pemegang rekor juara sekaligus rival sekota mereka, Real Madrid, pada partai puncak masing-masing pada 2013/2014 dan 2015/2016.

Wajar apabila sejumlah bursa taruhan menempatkan Liverpool sebagai tim favorit pada partai puncak di Wanda Metropolitano nanti. Sebab, tidak mudah tim minim pengalaman di panggung elite seperti Tottenham berhasil merengkuh gelar yang menjadi simbol supremasi turnamen antarklub di Eropa ini.

Chelsea menjadi juara baru terakhir di Liga Champions, setelah tim London Barat ini menundukkan Bayern Munich lewat drama adu penalti pada 2012. Itu pun setelah Chelsea mencoba berulang kali, dengan mengumpulkan bintang-bintang ternama di dunia memakai uang taipan Rusia, Roman Abramovich, pada 2003. Sejak tujuh tahun berlalu sejak Chelsea juara pada 2012, tidak ada lagi juara baru di panggung terelite di Benua Biru ini.

Namun, Pelatih Tottenham, Mauricio Pochettino, sudah terbiasa dengan label underdog. Sejak tiba di Spurs pada 2014, tim asal London Utara ini pun tidak memiliki track record yang mumpuni di level Eropa. Bahkan, Spurs baru saja ditinggalkan bintang utama mereka, Gareth Bale, dengan rekor transfer dunia senilai 100 juta euro ke Real Madrid.

“Ketika saya tiba di Tottenham, saya tahu akan menjadi tantangan yang sangat besar. Klub berada di level berbeda. Tidak ada yang percaya kami, tidak ada yang yakin kami bakal membawa sukses,” ujar Pochettino, seperti dilansir afp.com, Kamis (30/5/2019).

Pochettino bermodal Rp0 untuk membawa timnya menembus Liga Champions musim ini. Ia tidak bisa belanja pemain karena tim sedang “ngirit” demi pembangunan stadion baru mereka yang diresmikan, 3 April 2019 lalu.

The Liliywhites pun mencoba menentang mitos bahwa trofi Liga Champions hanya bisa dimiliki tim dengan tradisi kuat atau tim yang punya uang banyak. Jika berhasil, Spurs akan menjadi tim ke-23 yang pernah mengangkat Si Kuping Lebar sepanjang sejarah turnamen kasta tertinggi di Eropa.

Sementara Liverpool sangat yakin bisa membalaskan sakit hati mereka ketika keok 1-3 dari Real Madrid di partai puncak musim lalu. Pasukan Jurgen Klopp bisa jadi lebih lega karena sudah mengenal betul musuh mereka kali ini, karena sebagai tim sesama Inggris. Dalam pertemuan di Liga Premier 2018/2019, Liverpool pun selalu menang.

“Kami harus come back, kami harus kembali dan melakukannya dengan benar! Namun kami sangat respek dengan lawan kami. Kami respek dengan mereka sebagai tim bagus dengan cerita sangat spesial di Liga Champions setahun ini. Jadi, ini akan jadi laga berat, tentu saja,” ujar Klopp, seperti dilansir liverpoolfc.com. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya