SOLOPOS.COM - UCAPAN SELAMAT -- Kiper Spanyol Iker Casillas berpelukan dengan kiper Italia Gianluigi Buffon seusai pertandingan final Euro 2012, yang berakhir dengan kemenangan 4-0 Spanyol. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

UCAPAN SELAMAT -- Kiper Spanyol Iker Casillas berpelukan dengan kiper Italia Gianluigi Buffon seusai pertandingan final Euro 2012, yang berakhir dengan kemenangan 4-0 Spanyol. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

KIEV – Banyak hal istimewa dalam pertandingan final Euro 2012 antara Spanyol melawan Italia, yang dimenangkan Spanyol dengan skor telak 4-0. Berikut ini sejumlah fakta istimewa tersebut.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

– Spanyol adalah tim pertama yang dua kali berturut-turut memenangi gelar juara Piala Eropa dengan satu gelar juara Piala Dunia di antaranya. Mereka juga menyamai Jerman sebagai tim yang tiga kali memenangi Piala Eropa.

– Margin kemenangan empat gol adalah yang terbesar di final Piala Eropa maupun Piala Dunia.

– Vicente Del Bosque jadi pelatih kedua yang sukses memenangi Piala Eropa dan Piala DUnia. Orang pertama yang mengalaminya adalah Helmut Schoen, yang membawa Jerman Barat memenangi Piala Eropa 1972 dan Piala Dunia dua tahun kemudian.

– Kemenangan atas Italia kali ini adalah yang pertama bagi Spanyol melalui pertandingan reguler dalam delapan pertandingan turnamen besar. Kemenangan mereka sebelumnya atas Italia dicetak lewat adu tendangan penalti setelah seri 0-0 saat pertandingan perempat final Euro 2008.

– Striker Spanyol Fernando Torres menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam dua pertandingan final Euro secara berturut-turut dan sekaligus memenangi anugerah Sepatu Emas 2012 sebagai top scorer.

– Spanyol mencatat rekor belum pernah kalah dalam 12 pertandingan final Euro dan sama sekali tak pernah kemasukan gol dalam lima pertandingan terakhir.

– Kali terakhir Spanyol kalah dalam pertandingan Euro adalah saat kalah 2-0 dari Swedia di babak kualifikasi tahun 2006. Ini berarti selanjutnya mereka 29 kali main tanpa pernah kalah.

– Kiper Spanyol Iker Casillas adalah satu-satunya pemain selain Franz Beckenbauer (1972-1976) yang menjadi kapten dalam tiga putaran final Euro dan Piala Dunia.

-Casillas juga jadi pemain pertama yang mencatat 100 kali kemenangan dalam pertandingan internasional dan 79 kali main tanpa kemasukan gol dalam 139 kali penampilannya di ajang internasional.

-Gelandang Spanyol David Silva secara langsung terlibat dalam lima gol selama Euro 2012, yaitu melalui dua gol yang dicetaknya langsung dan tiga assists. Tak ada pemain lain yang menyamainya.

-Kiper Italia Gianluigi Buffon mencatat rekor baru melebihi Dino Zoff sebagai kiper Italia yang terbanyak tampil di ajang final Piala Eropa dan Piala Dunia yaitu 25 kali. Selain dia, pemain lain yang terbanyak tampil adalah Paolo Maldini (36 kali) and Fabio Cannavaro (26 kali).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya