SOLOPOS.COM - Fin Komodo/finkomodocom

Solopos.com, JAKARTA – Menciptakan mobil berkemampuan offroad maksimal dengan harga ekonomis jadi pertimbangan PT Fin Komodo Teknologi berkarya. Salah kendaraan yang berhasil tercipta di pabrik di Cimahi adalah Fin Komodo.

Fin Komodo merupakan mobil berjenis buggy car yang cocok digunakan untuk menaklukkan medan offroad. Fin Komodo memang dirancang khusus sebagai mobil yang cocok digunakan untuk medan off-road, seperti yang memang banyak terdapat di wilayah Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Presiden Direktur PT Fin Komodo Teknologi, Ibnu Susilo, menyebut kalau daerah terpelosok menggunakan mobil offroad ini, maka tidak akan ada lagi daerah tertinggal. Misalnya, petani di daerah bisa memanfaatkan mobil offroad ini untuk membawa hasil kebunnya setidaknya untuk ke pasar. Walaupun medannya berat di pelosok, mobil Komodo ini tetap bisa jalan.

Baca Juga : Toyota GR Yaris Tersedia 126 Unit Di Indonesia, Siapa Cepat Dia Dapat

"Yang saya rancang memang seperti itu, untuk menghubungkan yang tidak ada jalannya menjadi ada jalannya. Yang tidak ada infrastrukturnya jadi tersambung karena Fin Komodo yang untuk segala medan ini," ujar Ibnu dikutip Detikoto, Rabu (24/3/2021)

Fin Komodo menggendong mesin 4 tak 250 cc dengan torsi maksimal 17,6 Nm pada 5.500 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang. Mobil ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia saat ini.

Fungsi yang pertama adalah sebagai mobil perkebunan dan pertambangan. Fin komodo dapat digunakan untuk patroli dan memantau kondisi kebun atau tambang, hingga membantu perawatannya.

Baca Juga : Awas! Kamera E-TLE Bisa Pantau Dan Tindak Pengguna Pelat Nomor Palsu

Bentuk bodi yang kecil dan ringan sangat bermanfaat digunakan di area perkebunan karena memungkinkan mobil melintas di antara pepohonan yang biasanya tidak mampu dijangkau mobil biasa atau sepeda motor.

Fin Komodo juga menyediakan mobil offroad untuk keperluan militer dan kepolisian. Selain tentunya membantu pelaksanaan patroli, mobil ini juga dapat dilengkapi dengan senapan ringan kaliber 5,56 mm atau 7,62 mm, radar, hingga rudal Stringer.

Mobil ini juga berguna untuk mengangkut pelaku kejahatan bahkan menjadi robot pengintai. Tak hanya itu, Fin Komodo bisa membantu tim SAR mengevakuasi korban bencana di area yang sulit dijangkau. Adapula mobil offroad Fin Komodo versi pemadam kebakaran. Harga Fin Komodo juga terbilang cukup kompetitif yakni Rp110 juta per unit.

Baca Juga : Awas E-Tilang Salah Alamat, Segera Cabut Dan Balik Nama BPKB

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya