SOLOPOS.COM - Leonardo DiCaprio menangi kategori Best Actor di Oscar ke-88, Minggu (28/2/2016) malam waktu Los Angeles. (Twitter.com/@NoobFromUA)

Film terbaru Leonardo DiCaprio mendapat peran sebagai Jalaluddin Rumi.

Solopos.com, SOLO — Aktor Leonardo DiCaprio mendapat penolakan keras dari berbagai kalangan terkait perannya di film terbaru penyair Persia abad ke-13, Jalaluddin Rumi. Petisi pun dicanangkan atas penolakan tersebut

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Petisi itu digagas oleh oleh Valerie Janovic, dan sejauh ini telah mendapatkan 8.000-an tanda tangan. Dalam isinya, petisi tersebut menyebutkan pemilihan DiCaprio adalah contoh lain dari “Pro-Kulit Putih ala Hollywood” atau tokoh berkulit putih memerankan tokoh yang secara historis sebenarnya berkulit non-putih.

Kabar itu berembus setelah penulis naskah David Franzoni dan Stephen Joel Brown mengatakan pada The Guardian bahwa mereka ingin memilih peran pemenang Oscar, Leonardo DiCaprio, sebagai Rumi di film mereka selanjutnya. Mereka ingin menantang penggambaran umum dari karakter Muslim di perfilman Barat.

Namun, Janovic berpendapat, “Para aktor Muslim sudah terlanjur dikenal sebagai teroris, tapi saat sebuah film menceritakan tentang Muslim dari sisi yang positif, mereka menggeser ke sisi di mana agar ada lebih banyak ruang bagi aktor berkulit putih.”

“Franzoni dan Brown perlu memilih pemeran aktor Timur Tengah sebagai Rumi dan benar-benar menantang stereotipe Hollywood,” tambahnya. Hal ini disampaikan pula menggunakan tanda pagar #RumiWasntWhite atau #RumiBukanKulitPutih.

Ia mengemukakan, “memilih pemeran Leonardo DiCaprio sebagai Rumi artinya menulis ulang sejarah, menyerobot prestasi Muslim dan memberi kredit bagi orang kulit putih.”

“Kini, saat orang memikirkan Rumi, mereka akan membayangkan dia sebagai sosok dengan kulit pucat, rambut pirang dan mata biru. Tandatangani petisi ini untuk menghentikan pemutihan sejarah!,” ujarnya sebagaimana dilansir Antara dari NME, Kamis (30/6/2016).

Hingga saat ini DiCaprio belum secara resmi dipilih untuk memerankan tokoh Rumi di film, dan Janovic berharap petisi itu akan mengubah pikiran para pembuat film.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya