SOLOPOS.COM - Mahamenteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat K.G.P.A Tedjowulan dalam film Sultan Agung. (Istimewa/Dok Sultan Agung)

Film  terbaru yang mengisahkan Sultan Agung tak lama lagi akan diluncurkan.

Solopos.com, SOLO — Mahamenteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.A. Tedjowulan terlibat dalam film Sultan Agung karya Hanung Bramantyo. Dalam film tersebut ia menjadi salah satu aktor pendukung yang memerankan sosok Sunan Kalijaga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Gusti Tedjo main sebagai Sunan Kalijaga. Kalau Gusti Tedjo belum bisa membagikan [informasi soal perannya di film]. Biasanya saya yang diminta menjelaskan,” terang Pejabat Humas Keraton Solo, Bambang Ary Pradantononagoro saat dihubungi Solopos.com, Kamis (8/3/2018).

Dosen Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, yang menjadi penulis skenario,  Bagas Pujilaksono, menjelaskan film tersebut diproduksi Mooryati Sudibya Cinema (MSC). Kakak kandung Tedjowulan, KGRA Wida juga terlibat dalam film ini sebagai Kanjeng Ratumas yaitu Nenek Sultan Agung. Selain itu ada beberapa seniman Solo yang terlibat seperti pegiat teater Pelog Trisno Santosa, dan penari senior Djarot B Darsono.

“Jumenengan Sultan Agung [adegan jumenengan] disuguhi tari Bedaya Pangkur oleh penari Solo yang disiapkan Gusti Menoel,” tambahnya saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

Sementara untuk tokoh sentral diperankan aktor dan aktris ibukota Aryo Bayu serta Adinia Wirasti. Aryo memerankan Sultan Agung, sedangkan Asti sebagai Lembayung dewasa. Film ini juga didukung sederet pemain lain seperti Andindya Puteri, Puteri Morino, Asmara Abigail, Christine Hakim, dan Meriam Belina.

Pengambilan gambar seluruhnya dilakukan di Yogyakarta sejak awal Februari hingga Jumat (9/3). Tim produksi membangun studio alam berupa Istana Kerto dan Benteng Batavia  di Desa Gamplong, Sleman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya