SOLOPOS.COM - Sam Bacile (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Sam Bacile (JIBI/SOLOPOS/Dok)

LOS ANGELES–Nakoula Basseley Nakoula benar-benar membuat dunia heboh. Sutradara Innocence of Muslims telah membuat sebagian penduduk bumi marah atas filmnya itu. Ternyata, sutradara itu bebas dari penjara pada Juni lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bahkan, sutradara Innocence of Muslims itu yang tinggal di Southern California itu baru bebas dari penjaraa dengan masa percobaan karena kejahatan penipuan bank.

Ekspedisi Mudik 2024

Pada 2010 Nakoula  didakwa atas penipuan uang dan pemalsuan rekening bank menggunakan nomor jaminan sosial yang dicuri. Dia dikenai hukuman penjara 21 bulan dan harus membayar denda US$790.000. Nakoula juga pernah ditahan pada 1997 atas tuduhan memproduksi obat-obatan terlarang.

Sutradara itu disebut-sebut bukan lah orang Yahudi namun penganut Kristen Koptik Mesir yang tinggal di Southern California.

Nakoula sebelumnya  mengaku dia memiliki peran dalam pembuatan film tersebut. Tapi, dia bersikeras dirinya bukan sutradaranya. Awalnya yang disebut sebagai sutradara film tersebut adalah Sam Bacile.

Identitas asli Sam Bacile akhirnya terungkap karena ternyata ponsel Bacile dan Nakoula terdaftar pada alamat yang sama.

Pria berusia 55 tahun itu mengatakan kepada The Associated Press dalam sebuah interview di Los Angeles Rabu (12/9/2012) bahwa dia menangani bagian logistik dalam perusahaan yang memproduksi Innocence of Muslims yang mengutuk penganut Islam dan Nabi Muhammad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya