Film Independen Berbagai Genre Semarakkan Kinema #3 UMS

 Sesi tanya jawab bersama sutradara film The Vlog Adam Kurnia. (Istimewa/Dok. Panitia)

SOLOPOS.COM - Sesi tanya jawab bersama sutradara film The Vlog Adam Kurnia. (Istimewa/Dok. Panitia)

UKM Kine Club FKI UMS menggelar screening film bertajuk Kinema #3.

Solopos.com, SUKOHARJO – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Kine Club mengadakan acara pemutaran film fiksi dan dokumenter bertajuk Kinema #3.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Menghadirkan enam film pendek fiksi dan satu film dokumenter, Kinema #3 diselenggarakan di GOR Serbaguna UMS, Rabu (8/11/2017). Berbagai genre film mulai dari horor, komedi, drama, hingga fantasi memanjakan para penonton. Acara tersebut ditutup dengan pemutaran film dokumenter berjudul 7 KM di Bawah Puncak Volcano.

Ketua Panitia Kinema #3, Nofanda Al-Ikhlas Putra Purwa, menjelaskan acara pemutaran film fiksi dan dokumenter itu merupakan acara tahunan Kine Club. Acara tersebut sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali dan kali kedua di GOR Serbaguna UMS.

“Acara ini tujuannya memancing ide-ide kreatif melalui film,” ungkap mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2015 itu.

Panitia Kinema 3 Berfoto di depan GOR Serbaguna UMS, Rabu (8/11/2017). ((Istimewa/Dok. Panitia)

Panitia Kinema 3 Berfoto di depan GOR Serbaguna UMS, Rabu (8/11/2017). ((Istimewa/Dok. Panitia)

Kinema #3 menghadirkan film-film karya anggota Kine Club. Setelah melalui berbagai pelatihan dan pengarahan, anggota Kine Club ditantang untuk memproduksi film secara mandiri. Film-film yang ada akan dikurasi oleh pengurus Kine Club dan alumni Kine Club.

Selain pemutaran film, Kinema #3 juga mengadakan tanya jawab dengan sutradara pascapemutaran film. Sutradara film pendek fiksi Tanda Tanya, Wahyu Satria Gusti Pradana, bercerita proses produksi film pendek ber-genre horor tersebut.

“Kami mulai shooting jam tujuh malam sampai jam empat pagi. Sehingga memang benar-benar malam, biar kesan horornya kena,” ucap Wahyu di sesi tanya jawab.

Film The Vlog yang juga mengangkat genre horor mendapat tepuk tangan meriah dari penonton. Film tersebut mengaplikasikan teknik found footage. The Vlog menyajikan kisah mencekam yang dibalut dialog-dialog horor di mana salah satu tokohnya membawa kamera yang menceritakan cerita film tersebut. Teknik tersebut mirip film Keramat karya Monty Tiwa.

“Iya ada inspirasi dari film Keramat, tapi intinya saya tertarik saja dengan teknik found footage karena belum banyak film yang menggunakan teknik tersebut,” jelas Adam Kurnia sutradara The Vlog.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Jejak Garam Rumahan Paranggupito Wonogiri dan Keunikan Pantainya

+ PLUS Jejak Garam Rumahan Paranggupito Wonogiri dan Keunikan Pantainya

Kecamatan Paranggupito menjadi satu-satunya wilayah di Wonogiri, Soloraya, dan Jawa Tengah yang memiliki keunikan pesisir Pantai Selatan Pulau Jawa, dimana pernah ditemukan jejak pembuatan garam rumahan.

Berita Terkini

Malaysia Open 2022, Apri/Fadia Kian Dekati Gelar Perdana BWF World Tour

Kejutan Apri/Fadia di Malaysia Open 2022 belum berhenti setelah berhasil lolos ke babak final.

BRI UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur Raih Marketeers OMNI Brand of the Year

BRI terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi terbaiknya untuk mendorong kemajuan, peningkatan kapabilitas dan kualitas produk UMKM ke pasar internasional.

Polisi Ringkus Perempuan Perampas Motor Ojek Online di Semarang

Aparat Polrestabes Semarang dikabarkan telah meringkus perempuan yang melakukan penganiayaan dan perampasan sepeda motor pengemudi ojek online.

Calhaj Asal Solo Mulai Diberangkatkan ke Jeddah

Jemaah calon haji (calhaj) asal Kota Solo sudah mulai diberangkatkan ke Tanah Suci. Calhaj asal Kota Solo dibagi menjadi dua kelompok terbang atau kloter, yaitu 41 dan 42.

Piala AFF U-19 2022, Peluang Pemain Persis Solo Tampil Malam Ini

Sebanyak empat pemain muda Persis Solo masuk dalam skuad Timnas Indonesia U-19 asuhan pelatih Shin Tae-yong di Piala AFF U-19 2022.

Musim Kemarau Datang, Lakukan Ini Pada Mobil Anda

Memasuki musim kemarau Anda harus memperhatikan beberapa hal untuk mobil Anda agar tidak terdampak suhu panas.

Penjualan Meningkat, Peternak Sukoharjo Malah Curhat Kurang Modal

Di tengah meningkatnya penjualan ternak untuk kurban di Kabupaten Sukoharjo, peternak justru curhat butuh modal.

Jejak Garam Rumahan Paranggupito Wonogiri dan Keunikan Pantainya

Kecamatan Paranggupito menjadi satu-satunya wilayah di Wonogiri, Soloraya, dan Jawa Tengah yang memiliki keunikan pesisir Pantai Selatan Pulau Jawa, dimana pernah ditemukan jejak pembuatan garam rumahan.

Mantap! Temanggung Surplus Cabai hingga Agustus 2022

Produksi cabai di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), mengalami surplus hingga bulan Agustus 2022 nanti.

Youtube Keluarkan Tiga Aturan Baru, Cegah Penipuan

Youtube mengeluarkan tiga aturan baru sebagai solusi dalam menghadapi akun-akun penyamar yang bisa digunakan untuk penipuan.

Apes! Motor Dirampas, Driver Ojol di Semarang Malah Dihajar Massa

Kisah tragis datang dari seorang pengemudi ojek online di Kota Semarang yang menjadi korban perampasan dan pengeroyokan oleh warga.

Manfaatkan Sisa Pembakaran Batu Bara, Ini yang Dilakukan PLN

PT PLN (Persero) melalui anak usahanya, PT Indonesia Power (IP), menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam pemanfaatan sisa pembakaran batu bara atau fly ash bottom ash (FABA) di PLTU milik IP yang berada di Tangerang.

Lomba Menggambar Meriahkan Pameran Foto Solo Tempoe Doeloe

Lomba menggambar untuk anak SD turut meramaikan event pameran foto Pesona Solo Tempoe Doeloe di Monumen Pers Nasional, Solo, Sabtu (2/7/2022).

Laris Manis, Jelang Iduladha Kambing dan Domba di Sukoharjo Naik Harga 

Penjualan kambing dan domba di Sukoharjo mulai meningkat menjelang Iduadha. Harga kambing dan domba tahun ini lebih mahal ketimbang Iduladha tahun lalu.

Beredar Hoaks Soal Kredit Tanpa Agunan, Ini Penjelasan BNI

BNI memberikan penjelasan terkait kabar bohong atau hoaks mengenai penyaluran kredit tanpa agunan yang meresahkan masyarakat terutama nasabah.