SOLOPOS.COM - Film Merah Putih di Puncak Everest Diluncurkan 17 Tahun Kemudian

Solopos.com, SEMARANG-Puluhan orang dari Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP) Semarang, menggelar menonton bareng film berjuangan Merah Putih.

Acara tersebut digelar di lapangan terbuka, dengan peralatan sederhana, hanya layar dari kain ukuran tidak terlalu besar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

”Menonton film perjuangan ini untuk menumbuhkan semangat patriotisme, semangat perjuangan,” kata Ketua Sapma PP Semarang, Santiko Wicaksono, Minggu (26/4/2014) malam.

Acara menonton film bareng tersebut juga dihadiri Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Sapma PP Jateng, Bambang Eko Purnomo. Santiko menambahkan, semula rencananya hendak memutar film Sukarno, tapi karena sedang ada masalah gagal, kemudian diganti dengan film Merah Putih.

”Kegiatan menonton bareng ini juga untuk menjalin silahturahmi antara anggota Sapma PP yang berasal dari sejumlah sekolah dan perguruan tinggi,” ungkapnya.

Bambang Eko, mendukung acara menonton film bareng tersebut bertema sejarah perjuangan bangsa, supaya generasi muda bisa meneladani semangat juang para pahlawan. ”Menonton barang ini kegiatan positif, supaya generasi muda tidak hanya hura-hura saja,” kata dia.

Film Merah Putih yang dirilis 2009 merupakan bercerita tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia pada 1947 melawan penjajah Belanda. Merah putih berkisah seputar pemuda yang menjalin persahabatan yakni Amir, Tomas, Dayan, Soerono, dan Marius.

Mereka adalah kadet atau taruna dengan latar belakang suku dan agama berneda yang mengikuti latihan militer di sebuah kota di Jawa Tengah. Suatu ketika penjajah militer Belanda menyerang kamp tersebut sehingga menyebabkan hampir seluruh kadet terbunuh.

Beruntung Amir, Tomas, Dayan, dan Marius berhasil lolos. Mereka kemudian bergabung dalam pasukan gerilya di pedalaman Jawa, kemudian melakukan perlawanan terhadap Belanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya