SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Film religi baru yang dibungkus dengan drama petualangan, Haji Backpacker, secara perdana berlayar ke bioskop Grand 21 Solo Grand Mall, Senin (29/9/2014) siang. Pemutaran perdana terbatas film produksi Falcon Pictures tersebut dihadiri sutradara Daniel Rifki, aktris Laudya Cynthia Bella, serta Laura Basuki.

Film yang sarat pesan spiritual ini mengisahkan sosok Mada (diperankan Abimana Artasatya) yang kecewa dengan Sang Pencipta. Ibu yang ia kasihi (diperankan Pipik Dian Irawati) meninggal dunia secara tiba-tiba. Sedangkan kekasih yang akan dinikahinya, Sofia (diperankan Dewi Sandra), kabur sesaat jelang ijab kabul diucapkan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pukulan telak berurutan tersebut terjadi saat Mada rajin menjalankan ibadah rukun Islam. Dengan perasaan marah, Mada akhirnya berpaling dari akidah yang ia peluk sejak kecil. Petualangannya memburu kesenangan dunia dimulai dari Thailand. Di sana ia bertemu dengan Marbel (diperankan Laudya Cynthia Bella), TKI yang sehari-hari bekerja sebagai tukang pijat.

Petualangannya singgah di Negeri Gajah Putih tak berlangsung lama lantaran dia dituduh membunuh anggota geng yang tingal di kawasan “hitam” negara tersebut. Mada kemudian lari ke Vietnam.

Di sana ia sakit keras dan tak sengaja terbawa mobil angkutan barang ke Tiongkok. Di kompleks pemukiman muslim itu, Mada mulai menemukan titik cerah untuk kembali dekat dengan Tuhan. Petualangannya terus bergulir hingga melewati Tibet, Nepal, India, Iran, dan berlabuh di Arab Saudi.

Suguhan pemandangan alam dari sembilan negara yang disajikan film drama berdurasi 107 menit ini membuat ratusan penonton yang ikut nonton bareng tersebut mau singgah di bioskop hingga akhir film. Akting dari bintang lain seperti Ray Sahetapy, Kenes Andari, hingga Dion Wiyoko, membuat penonton semakin betah menonton film tersebut.

Sutradara Haji Backpacker, Danial Rifki, mengungkapkan film yang proses produksinya dilakukan di sembilan negara tersebut menghabiskan biaya Rp11 miliar.

“Untuk produksi film drama nasional memang terbilang mahal. Biaya Rp11 miliar itu hanya produksi, belum termasuk promosi dan premier di Solo, Semarang, Surabaya, Purwokerto, dan lima kota lain,” kata Danial, saat menggelar jumpa pers di Bees Resto Solo Grand Mall, jelang pemutaran.

Danial membeberkan penggarapan film yang terinspirasi dari judul buku yang sama karangan Aguk Irawan MN tersebut banyak digali dari pengalaman curhat (curahan hati) bersama sahabatnya. “Idenya memang dari buku. Tapi eksekusinya saya dapat dari curcol bareng teman. Saya juga sempat tanya kanan kiri dan para sufi untuk mendalami film ini,” ujar sutradara film La Tahzan itu.

Bagi Danial, tantangan dalam penggarapan film lintasnegara tersebut tidak terletak dari kerumitan yang dijalani tim produksinya. Kendala terbesar justru dari bahasa yang dipergunakan selama produksi. “Tantangannya justru bahasa. Kalau tim tidak masalah, kami pakai 50% tim lokal dan sisanya tim dari luar negara tujuan,” bebernya.

Laudya Cynthia Bella, yang kebagian peran sebagai tukang pijat di daerah “hitam” Thailand mengaku tak menemui kesulitan yang berarti. “Aku justru terkesan banget sama film ini. Terutama saat adegan di Tiongkok dan Tibet. Bikin merinding melihat Mada bisa menemukan jalan baru,” tambahnya.

Lain Bella, lain juga Laura Basuki. Dengan latar belakangnya, dia mengaku tertantang saat harus berakting salat dan melakoni sejumlah dialog Mandarin. “Kebetulan saya pemeluk Katolik. Tapi karena di Indonesia mayoritas pemeluk Islam, belajar menjalani ritual muslim tidak terlalu repot,” tutupnya.

Film Haji Backpacker tayang serentak di bioskop utama Tanah Air, Kamis (2/10/2014) mendatang. Selepas menyambangi Solo, para pemeran dan penggarap film drama tersebut juga menyambangi acara serupa di Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya