SOLOPOS.COM - Andrea Hirata (andrea-hirata.com)

Solopos.com, JAKARTA — Andrea Hirata emoh turut campur dalam pembuatan film sekuel ke-3 dari tetralogi Laskar Pelangi yang bertajuk Edensor. Lepas tangannya Andrea Hirata atas pembuatan film dari novelnya itu bukan tanpa alasan. Ia menganggap medium novel dan film adalah hal berbeda sehingga dia berharap karya yang dituangkan ke layar lebar akan membawa nuansa baru.

“Saya tidak mau ikut campur, saya bukan filmmaker, bukan ahlinya,” imbuh Andrea Hirata di Jakarta, Senin (11/11/2013). Kendati tak mau terlibat dalam pembuatan film itu, Andrea Hirata tetap menyumbangkan tiga lagu soundtrack film tersebut. Lagu-lagu itu dibawakan Meda Kawu dan Cut Niken.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Tetralogi Laskar Pelangi adalah seri buku best seller yang bukan hanya berjaya di pasaran tetapi juga berkali-kali menyabet penghargaan sebagai karya sastra bermutu. Setelah buku pertama yang berjudul Laskar Pelangi, buku ke-2 seri itu adalah Sang Pemimpi yang telah pula sukses mendulang rupiah dari layar lebar. Selanjutnya adalah Edensor, dan terakhir adalah Maryamah Karpov.

Film lanjutan Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, kini dibesut sutradara Benni Setiawan sebagai pengganti Riri Riza yang menyutradarai dua film terdahulu. “Saya menghindari komunikasi dengan Benni karena saya ingin melihat yang berbeda, yang penting soul-nya sama, yaitu ide tentang orang yang pantang menyerah dan berani bermimpi sehingga menginspirasi,” papar Andrea Hirata.

Sementara itu, Benni, sang sutradara, mengaku tertantang untuk menggarap lanjutan film yang sebelumnya terbukti mampu menarik minat masyarakat. “Berat juga rasanya dan saya merasa tertantang, tapi saya ingin membuat film dengan ciri khas saya sendiri,” tukas Benni.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya