SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta— Dianggap tidak memiliki stadion yang layak, Filipina akan memainkan leg pertama semifinal Piala AFF 2010 melawan Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Kamis (16/12). Laga ini dianggap sebagai ‘partai kandang’ untuk Filipina.

Tiga hari kemudian mereka akan kembali ke stadion yang sama untuk jadi tim tamu di leg kedua untuk menghadapi tim Merah Putih yang kali ini jadi tuan rumah. Keputusan ini disayangkan oleh timnas Filipina. Menurut mereka keputusan itu dibuat Presiden Federasi Sepakbola Filipina (PFF) Jose Mari Martinez dengan tidak melihat usaha mereka tembus ke semifinal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sekarang Bapak Martinez menyatakan pada petugas AFF kalau kami, timnas, tidak bisa menggelar laga kandang di negeri kami sendiri setelah kami berjuang dengan keras. Benar-benar membuang kesempatan,” ujar pernyataan bersama timnas Filipina seperti dilansir ABS CBN News, Kamis(9/12).

Selain itu timnas Filipina yang berjuluk Azkals juga menyesalkan tindakan Martinez yang tidak pernah mengirim dukungan dalam bentuk apa pun. Mulai dari penyisihan Grup B yang berlangsung di Vietnam, hingga akhirnya mereka pulang ke tanah air setelah memastikan satu tiket ke semifinal. Prestasi tembus ke babak empat besar sendiri merupakan rekor setelah mereka tidak pernah lolos dalam 14 tahun.

“Kami tidak pernah menerima satu pun dukungan dari PFF di bawah Bapak Mari Martinez. Tidak telepon atau pun pesan singkat selama penyisihan grup Piala Suzuki (AFF) di Hanoi, Vietnam,” keluh tim lagi.

Filipina sebenarnya memiliki dua pilihan venue untuk laga kandang. Pilihan pertama di negara netral dan pilihan kedua yakni kedua leg bisa dilakukan di kandang lawan. Martinez kemudian meminta pada AFF agar Filipina bisa menggelar partai kandang di Jakarta.

“AFF kemudian menanyakan kesiapan PSSI untuk menggelar semifinal pertama,” ujar Sekjen PSSI Nugraha Besoes ketika ditanya kronologi pindahnya semifinal Filipina vs Indonesia.

Sesudah berkonsultasi dengan Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid, permintaan tersebut disanggupi. Kedua partai semifinal akan digelar di SUGBK, Senayan, Jakarta. Vivanews.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya