Kategori: Viral

Fiki Naki Seorang Poliglot, Semua Bisa?


Solopos.com/Arhista Bherty Utami

Solopos.com, SOLO Muhammad Fiqih Ayatullah atau yang biasa disapa Fiki Naki menjadi sorotan publik selama beberapa pekan terakhir. Keahliannya dalam menguasai berbagai bahasa asing atau poliglot membuat daya tarik tersendiri bagi para penonton channel Youtube Fiki Naki.

Selain menguasai bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu, Fiki juga menguasai bahasa Inggris, Rusia, Prancis, dan Rumania. Melalui aplikasi Ome TV, youtuber asal Pekanbaru, Riau ini mengasah keterampilan dalam berbahasa asing.

Melalui unggahan video Youtube pada bulan Oktober (24/10/2020), Fiki Naki mengaku kemampuan berbahasa itu dia pelajari secara autodidak. Bahasa yang dia pelajari saat itu adalah bahasa Rumania dan Rusia sedangkan bahasa yang sudah ia kuasai adalah bahasa Indonesia dan Inggris.

Baca Juga: Hal-Hal Ini Kata Fengsui Perlancar Rezeki

Fiki juga mengungkapkan bahwa kemauannya untuk mempelajari berbagai bahasa itu dikarenakan ia suka belajar bahasa. Keahlian Fiki Naki dalam menguasai berbagai bahasa ini biasa disebut sebagai poliglot. Poliglot merupakan kemampuan seseorang untuk menguasai percakapan dalam berbagai bahasa.

Pada umumnya, seseorang bisa disebut sebagai poliglot apabila sudah menguasai empat bahasa. Sedangkan apabila seseorang menguasai lebih dari empat bahasa maka orang tersebut akan dianggap hyperpolyglot.

Poliglot bukan hanya keahlian memahami bahasa asing, namun juga kemampuan memahami, menulis, dan menggunakan beberapa bahasa. Orang yang memiliki kemampuan poliglot biasanya tertarik untuk menguasai bahasa lain dan mau mempelajarinya tanpa terpengaruhi lingkungan.

Baca Juga: Begini Cara Feng Shui Menata Kamar Mandi

Hal tersebut berbeda dengan multilingual yang biasa disematkan pada orang-orang yang memiliki keahlian menguasai suatu bahasa karena terbiasa mendengar dari lingkungannya. Melalui video rekaman Ome TV yang Fiki Naki unggah, ia memaparkan bagaimana caranya mempelajari berbagai bahasa asing dengan cara otodidak.

Dicontohkan Fiki Naki kala ia belajar bahasa Rumania. Pada mulanya, Fiki mempelajari dasar dari bahasa tersebut, seperti kata per kata dari bahasa yang ia pelajari. Ia juga mempelajarinya dengan cara menghapalkannya dan mempraktikannya dengan cara berbicara dengan diri sendiri. Selain cara- cara yang tadinya ia sampaikan, ia juga menonton beberapa konten Youtube agar bisa tau bagaimana cara pengucapan kata tersebut.

Didukung Youtuber Lain

Kemampuan Fiki Naki menguasai berbagai bahasa asing itu menarik perhatian sejumlah youtuber. Mereka umumnya membahas keahlian yang dimiliki Fiki. Salah satunya adalah Sacha Stevenson. Ia adalah guru bahasa Inggris asal Kanada yang belakangan sepenuhnya menjadi youtuber.

Baca Juga: Cegah Klaster Keluarga, Tetap 3M di Rumah!

Dalam salah satu video yang berjudul Fiki Naki – Seleb English, Sacha membahas beberapa cara pengucapan dan keahlian Fiki dalam berbahasa Inggris. Diakui Sacha bahwa bahasa Inggris Fiki sangat mengagumkan dan membuatnya terkesan.

Selain Sacha, Naila Farhana, youtuber dengan kontennya yang mengajarkan bahasa Inggris juga mengunggah video dalam akun Youtube-nya mengenai kemampuan berbahasa Fiki Naki. Video tersebut ia beri judul Belajar Bahasa Asing Secara Otodidak Kayak Fiki Naki.

Naila juga mengaku bahwa ia cukup terkesan dengan Fiki Naki karena saat itu Naila juga sedang mempelajari bahasa Spanyol sama seperti Fiki. Saat ini, Fiki katanya, sedang viral karena kemampuan belajar bahasanya yang tergolong sangat cepat.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 

Share
Dipublikasikan oleh
Rahmat Wibisono