FIFA Larang Gas Air Mata di Stadion, tapi Masih Dipakai Polisi di Kanjuruhan

Dalam regulasi FIFA, gas air mata dilarang digunakan dalam sebuah pertandingan sepak bola tapi masih digunakan di Stadion Kanjuruhan.

 Aparat keamanan menembakkan gas air mata untuk menghalau suporter yang masuk lapangan usai pertandingan sepak bola BRI Liga 1 antara Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). (Antara/Ari Bowo Sucipto)

SOLOPOS.COM - Aparat keamanan menembakkan gas air mata untuk menghalau suporter yang masuk lapangan usai pertandingan sepak bola BRI Liga 1 antara Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). (Antara/Ari Bowo Sucipto)

Solopos.com, JAKARTA—Polisi memakai tembakan gas air mata untuk menghalau suporter saat memasuki lapangan di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang seusai Arema FC kalah 2-3 dari Persebaya Surabaya pada pekan ke-11 Liga 1 2022/2023, Sabtu (1/10/2022) malam.

Padahal penggunaan tembakan gas air mata di stadion diharamkan oleh badan sepak bola dunia FIFA. Ini berkaca dari tragedi di dalam stadion sebelumnya yang mengakibatkan korban meninggal dunia dalam jumlah banyak.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Dalam regulasi FIFA, gas air mata dilarang digunakan dalam sebuah pertandingan sepak bola. Pasal 19 FIFA tentang Pitchside Stewards (Petugas di Sisi Lapangan), berbunyi:

  1. Seluruh petugas (steward) dan polisi yang bertugas di sisi lapangan direkam di televisi, dengan demikian perilaku dan penampilan mereka harus menunjukkan standar tertinggi setiap saat.
  2. Tidak ada senjata api dan gas pengontrol kerumunan (gas air mata) yang boleh dibawa atau digunakan.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan Ternyata Terbesar Kedua dalam Kerusuhan Sepak Bola di Dunia

Dari keterangan saksi mata di Stadion Kanjuruhan kericuhan terjadi antara kelompok suporter Aremania dengan pihak keamanan yang berupaya menghalau supporter karena masuk ke lapangan seusai pertandingan.

Dalam kejadian tersebut seperti di video yang beredar di media sosial, polisi menghalau massa dengan menembakkan gas air mata ke seluruh sudut stadion.

Hal ini kemudian menimbulkan kepanikan hingga suporter berhamburan keluar stadion. Tumpukan massa itu yang membuat situasi mencekam dan tak kondusif.

Baca Juga: Sesalkan Aremania, PSSI Bentuk Tim Investigasi Tragedi Kanjuruhan

Berdesakan keluar dari stadion, ditambah napas yang kian sesak akibat gas air mata membuat kondisi di lapangan menjadi chaos.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Nico Afinta mengonfirmasi jumlah korban jiwa pada kerusuhan di Stadion Kanjuruhan itu mencapai 127 orang.

“Terjadi penumpukan di dalam, proses penumpukan itulah terjadi sesak napas kekurangan oksigen,” ujar Nico Afinta seperti dilansir dari Bisnis.

Baca Juga: Minta Maaf atas Tragedi Kanjuruhan, Manajemen Arema FC Bentuk Crisis Center

“Oleh tim medis dan tim gabungan ini dilakukan upaya pertolongan yang ada di dalam stadion, kemudian juga dilakukan evakuasi ke beberapa rumah sakit,” tutur Nico.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Gas Air Mata, Diharamkan FIFA tapi Masih Dipakai di Liga Indonesia

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Jadwal Turnamen Bulu Tangkis BWF Musim 2023, Indonesia Empat Kali

      Kalender turnamen bulu tangkis BWF musim 2023 akan diawali BWF World Tour Super 1000, Malaysi Open 2023 di Kuala Lumpur, pada pekan kedua Januari.

      Menggiurkan! Ini Daftar Hadiah Tiap Level Turnamen Bulu Tangkis BWF World Tour

      Masing-masing turnamen BWF World Tour menawarkan poin ranking dan hadiah uang yang berbeda. Poin tertinggi dan total hadiah terbanyak ditawarkan di level Super 1000.

      Jadwal Piala Dunia 2022 Hari Ini: Penentuan Grup E & F, Ada Jepang vs Spanyol

      Jadwal Piala Dunia 2022 pada malam dan dini hari nanti akan memainkan empat pertandingan penentuan dari Grup E dan F, dua laga di antaranya mempertemukan Kroasia vs Belgia dan Jepang vs Spanyol.

      Skema 16 Besar Piala Dunia 2022: Prancis vs Polandia, Argentina vs Australia

      Skema babak 16 besar Piala Dunia 2022 mempertemukan Prancis vs Polandia dan Argentina vs Australia seusai laga penyisihan terakhir Grup C dan D pada Rabu (30/11/2022) malam dan Kamis (1/12) dini hari WIB.

      Ini Daftar Tim Gagal Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022

      Penyisihan grup Piala Dunia 2022 telah memasuki fase akhir dan terdapat 9 tim yang dipastikan gagal lolos ke babak 16 besar.

      Klasemen Akhir Grup C Piala Dunia 2022: Argentina Juara, Polandia Kedua

      Argentina memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022sebagai juara Grup C seusai meraih kemenangan 2-0 atas Polandia pada laga terakhir grup di Stadium 974 Doha.

      Hasil Piala Dunia 2022: Arab Saudi 1-2 Meksiko, Sama-Sama Harus Angkat Koper

      Arab Saudi gagal melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah dikalahkan Meksiko 1-2 pada laga terakhir Grup C di Lusail Stadium, Qatar.

      Hasil Piala Dunia 2022: Messi Gagal Penalti, Argentina Kalahkan Polandia 2-0

      Argentina lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 seusai mengalahkan Polandia 2-0 pada laga terakhir Grup C di Stadium 974 Doha.

      Klasemen Akhir Grup D Piala Dunia 2022: Prancis Juara Grup, Australia Runner-up

      Australia mendampingi Prancis melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

      Hasil Piala Dunia 2022: Jinakkan Denmark 1-0, Australia ke 16 Besar

      Australia berhasil menjinakkan Denmark 1-0 untuk melangkah ke 16 besar Piala Dunia 2022.

      Hasil Piala Dunia 2022: Sudah Lolos 16 Besar, Prancis Kalah dari Tunisia 0-1

      Prancis di luar dugaan kalah 0-1 dari Tunisia pada laga pamungkas Grup C Piala Dunia 2022 di Education City Stadium Doha.

      Prediksi Skor Arab Saudi Vs Meksiko di Piala Dunia 2022: Timur Tengah Lelah?

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak Penyisihan Grup C Piala Dunia FIFA 2022 antara Polandia dan Argentina.

      Prediksi Skor Polandia Vs Argentina di Piala Dunia 2022: Adu Kuat Pertahanan

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak Penyisihan Grup C Piala Dunia FIFA 2022 antara Polandia dan Argentina.

      Hasil Babak I Australia vs Denmark, Skor Masih Kacamata

      Australia dan Denmark bermain imbang tanpa gol pada babak pertama laga terakhir Grup D Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Skor Babak I Tunisia vs Prancis Masih Sama Kuat 0-0

      Prancis dan Tunisia bermain sama kuat 0-0 pada babak pertama laga pamungkas Grup C Piala Dunia 2022 di Education City Stadium Doha.