Fico Fachriza Mengonsumsi Narkoba Jenis Tembakau Sintetis

Kepada penyidik, Fico Fachriza mengaku mengonsumsi narkoba jenis tembakau sintetis itu untuk obat tidur.

 Fico Fachriza. (Antara)

SOLOPOS.COM - Fico Fachriza. (Antara)

Solopos.com, SOLO-Komedian Fico Fachriza atau FF mengaku mengongsumsi narkoba jenis tembakau sintetis sejak 2016. Hal ini sesuai pengakuannya kepada penyidik Polda Metro Jaya.

PromosiHeboh Pelat Nomor Dewa, Begini Aturan Terkait Nomor Khusus dan Rahasia

Bahkan saat ditangkap polisi, komedian Fico Fachriza, 27, masih dalam pengaruh narkoba jenis tembakau sintetis setelah mengonsumsi barang haram itu. “Dalam proses penangkapan Ditnarkoba Polda Metro Jaya, yang bersangkutan pun masih dalam pengaruh narkoba jenis tembakau sintetis ini,” kata Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Donny Alexander di Jakarta, Jumat (14/1/2022).

Kepada penyidik, Fico Fachriza mengaku mengonsumsi narkoba jenis tembakau sintetis itu untuk obat tidur. Dia membeli tembakau sintetis tersebut secara daring melalui media sosial.

Baca Juga: Cuitan Fico Fachriza Soal Beli Narkoba Rp1,7 Miliar Viral Lagi

“Dari keterangan yang bersangkutan bahwa saudara FF ini sudah lama konsumsi narkotika jenis tembakau sintetis ini sejak tahun 2016,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta, Jumat (14/1/2022).

Zulpan menjelaskan Fico ditangkap petugas di rumahnya kawasan Pancoran Mas Kota Depok, Jawa Barat pada Kamis (13/1/2022) sekitar pukul 18.15 WIB.  Pada penggeledahan di rumah yang bersangkutan, petugas menemukan satu bungkus rokok berisi tembakau sintetis seberat 1,45 gram.

Setelah dilakukan penangkapan, polisi melakukan tes urine kepada Fico Fachriza dan hasilnya menyatakan yang bersangkutan positif mengonsumsi narkoba jenis tembakau sintetis. Atas temuan barang bukti narkotika dan hasil tes urine tersebut penyidik kepolisian kemudian menetapkan Fico Fachriza sebagai tersangka dalam kasus penyalahgunaan narkoba.

Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Donny Alexander mengungkapkan Fico membeli tembakau sintetis seharga Rp300.000. “Tersangka sudah menggunakan dari 2016 dan memesan pada satu orang ini saja di media sosial, membeli seharga Rp300.000,” kata AKBP Donny seperti dikutip dari Antara, Jumat (14/1/2022).

Adapun pasal yang persangkaan kepada Fico yakni Pasal UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dan atau Pasal 112 ayat 1 subsider Pasal 27 ayat 1 KUHP.

Baca Juga: Diciduk Polisi, Ini Alasan Pedangdut Velline Chu Pakai Narkoba

Nama Fico Fachriza mulai dikenal publik sebagai komedian berkat penampilannya dalam ajang pencarian bakat Stand Up Comedy 3. Selain itu Fico juga pernah tampil dalam beberapa film layar lebar seperti film Comic 8, Ngenest The Movie, dan Sesuai Aplikasi.

Penangkapan terhadap Fico Fachriza kian menambah panjang daftar artis yang harus berurusan dengan aparat penegak hukum lantaran terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.  Awal tahun 2022 diwarnai dengan penangkapan aktor Naufal Samudra pada Jumat (7/1/2022) berdasarkan pengembangan dari penangkapan pemasok narkoba jenis Lysergic Acid Diethylamide (LSD) kepada aktor Rizky Nazar.

Baca Juga: Warganet Menduga Ini Penyebab Cassandra Angelie Tidak Ditahan

Selanjutnya adalah penangkapan terhadap pedangdut Velline Chu pada pada Sabtu (8/1/2022), di kediamannya di Kecamatan Jatisampurna, Bekasi. Pedangdut bernama asli Kustiningsih ini ditangkap bersama suaminya Budi Hartono. Keduanya ditangkap atas penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu.

Polisi kemudian melakukan penangkapan terhadap aktor Ardhito Pramono di kediamannya di kawasan Jakarta Timur pada Rabu (12/1) lalu.  Dalam penangkapan tersebut polisi mengamankan beberapa barang bukti berupa ganja seberat 4,80 gram, satu bungkus kertas vapir dan 21 butir pil Alprazolam.

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Berita Terkini

Lirik Lagu Ingin Bertemu Lagi - Fatin Shidqia Lubis

Berikut lirik lagu Ingin Bertemu Lagi yang dipopulerkan Fatin Shidqia Lubis.

Asix Token Ludes Terjual di Acara Presale, Ashanty Pusing

Ashanty pusing lantaran Asix Token yang dijualnya itu langsung ludes terjual dalam acara presale.

Profil Steven Seagal, Aktor Hollywood yang Sambangi Suku Dayak

Inilah profil Steven Frederic Seagel, aktor hollywood menjadi sorotan netizen Indonesia setelah videonya mengunjungi Suku Dayak Kalimantan viral.

Penyalin Cahaya Masuk 10 Netflix Global

Penyalin Cahaya adalah satu-satunya film dari Indonesia dan Asia Tenggara yang masuk dalam daftar Netflix Top 10 di periode tersebut. 

Begini Efek Popularitas Layangan Putus Terhadap Graciella Abigail

Efek popularitas Layangan Putus tak hanya dirasakan Graciella Abigail, melainkan juga Lala Choo yang berperan sebagai babysitter bernama Lastri dan Nita Sofiani yang berperan sebagai Bu Merry.

Melengkapi Trilogi Want Ur Love, Sheryl Sheinafia Rilis Earn It

Sheryl Sheinafia merilis single terbaru berjudul Earn It, melengkapi trilogi dari rilisan sebelumnya Want Ur Love yang dirilis pada November lalu.

NCT Dream Trending Topic di Twitter, Ndarboy Ucapkan Terima Kasih

Diviralkan lagi oleh NCT Dream, Ndarboy Genk  ucapkan terima kasih kepada anak asuh SM Entertaiment itu.

Ikatan Cinta 27 Januari 2022: Jessi Histeris, Irvan Minta Maaf ke Al?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Kamis, 27 Januari 2022 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Lirik Lagu Cukup - Happy Asmara

Berikut ini lirik lagu Cukup dari Happy Asmara, yang telah tayang pada Sabtu, 22 Januari 2022 di Youtube dan ditonton lebih dari 300.000 kali.

Viral! NCT Dream Joget TikTok Mendung Tanpa Udan Denny Caknan

NCT Dream kejutkan penggemar dengan konten terbaru mereka joget TikTok Mendung Tanpa Udan milik Denny Caknan.

Menkeu Sri Mulyani Indrawati Bertemu Reza Rahadian, Bahas Apa Ya?

Dalam unggahan tersebut, terlihat Sri Mulyani ngobrol berbalut tawa saat bertemu dengan Reza Rahadian.

+ PLUS "Hei, Kita Masih Pacaran Kan?" Begitu Drama Layar Indonesia

Drama menjadi genre film maupun serial, tontonan layar yang terus mendapat tempat di hati pemirsa Indonesia.

Remehkan Pembalap Indonesia, Jerome Polin Ditegur Sean Gelael

Gara-gara unggahannya, Jerome Polin pun ditegur pembalap Indonesia Sean Gelael.

Ini Motif Putra John Lennon Berani Lelang Memorabilia The Beatles

Putra John Lennon, Julian, melelang memorabilia Beatles dan tiga gitar yang diberikan oleh sang ayah untuknya.

Ini Proyek Musik Terbaru Once Mekel Eks Dewa 19

Mantan vokalis Dewa 19, Once Mekel, punya proyek musik baru bersama musikus internasional.

Bikin Bangga, 6 Pelukis Indonesia Pameran di Beijing Biennale

Enam pelukis Indonesia mengikuti pameran seni bergengsi Beijing Biennale.