SOLOPOS.COM - Kapten timnas basket Korea Selatan, Lee Dae-sung, tersenyum saat memberikan keterangan kepada awak media seusai mengalahkan Taiwan dalam lanjutan penyisihan Grup B FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (14/7/2022). (Antara/Gilang Galiartha)

Solopos.com, JAKARTA – Penonton Indonesia selalu memadati Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, setiap timnas basket Indonesia berlaga di ajang FIBA Asia Cup 2022. Mereka selalu memberikan dukungan penuh kepada Marques Bolden dkk. berlaga. Namun, hal unik dirasakan kapten timnas basket Korsel, Lee Dae-sung, yang kaget dengan apa yang dilakukan penonton Indonesia kepada timnya.

Tribune Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, dipadati kawula muda Indonesia saat timnas basket Korsel berlaga di FIBA Asia Cup 2022. Mereka membawa bendera Korsel serta banner bertuliskan abjad Hangeul ketika Lee dkk melanjutkan penyisihan Grup B FIBA Cup 2022 dengan mengalahkan Taiwan 87-73 pada Kamis (14/7/2022).

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Kapten timnas basket Korsel itu pun kaget dan tidak menyangka atas dukungan deras yang datang dari penonton Indonesia dalam penampilan mereka di FIBA Asia Cup 2022 sejauh ini. Lee Dae-sung menilai kehadiran para penonton Indonesia pendukung Korsel itu cukup berperan besar dalam memantik semangat dirinya dan rekan-rekan sepanjang laga.

“Saya sangat berterima kasih kepada mereka [penonton Indonesia]. Saya sama sekali tidak menyangka akan banyak penonton Indonesia yang jadi pendukung kami, dan dukungan mereka sungguh menambah semangat kami,” kata Lee Dae-sung kepada awak media setelah pertandingan.

Lee Dae-sung memperkirakan keberadaan Heo bersaudara, Heo Ung dan Heo Hoon, di timnas Korsel cukup menyedot perhatian warga Indonesia yang menikmati industri K-Pop maupun tayangan-tayangan televisi Negeri Ginseng itu. “Saya pikir keberadaan Heo bersaudara cukup memengaruhi hal itu [minat penonton]. Sekali lagi saya sangat berterima kasih atas dukungan publik Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga: Indonesia Kalah dari Yordania, Ini Klasemen Grup A FIBA Asia Cup 2022

Pemain Korsel lainnya Heo Ung turut mengapresiasi kehadiran penggemar asal Indonesia dalam pertandingan-pertandingan timnya di Piala FIBA Asia sejauh ini. Kakak dari Heo Hoon itu berharap ia dan rekan-rekannya bisa membalas derasnya dukungan penonton Indonesia dengan menyajikan penampilan yang bagus sepanjang turnamen.

“Empat tahun lalu bola basket Korea tidak sepopuler ini, kemudian kami berusaha mempromosikannya agar lebih banyak orang yang datang menyaksikan pertandingan kami,” katanya.

“Sungguh menyenangkan banyak fan memberi dukungan, rasanya nyaris seperti main di kandang sendiri, dan semoga semakin banyak suporter hadir di pertandingan selanjutnya. Kami berharap bisa menyajikan penampilan bagus sepanjang turnamen,” ujar Heo.

Baca Juga: FIBA Asia Cup: Timnas Basket Indonesia Menang Telak Atas Arab Saudi

Kemenangan atas Taiwan memastikan Korsel bercokol di puncak klasemen Grup B FIBA Asia Cup 2022 tanpa terpengaruh pertandingan lain antara Bahrain kontra China yang akhirnya dimenangi China dengan skor sangat ketat 80-79.

Korsel kini hanya berjarak satu kemenangan untuk memastikan satu tempat di babak perempat final. Di laga terakhir Grup B FIBA Asia Cup 2022, Korsel bakal bertemu Bahrain pada Sabtu (16/7/2022) mulai pukul 11.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya