SOLOPOS.COM - Kunjungan instansi FHB Universitas Duta Bangsa di Kantor Kemenag Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Mahasiswa Fakultas Hukum dan Bisnis (FHB) Universitas Duta Bangsa (UDB) Solo melakukan kunjungan instansi dan kuliah pakar di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Solo di Jl. Ki Mangun Sarkoro No.115, Banjarsari, Solo, Rabu (29/6/2022).

Kunjungan kali ini bertema tentang Hukum Perkawinan, khususnya tentang pernikahan beda agama menurut pandangan Kemenag Kota Solo. Dengan didampingi oleh dosen Universitas Duta Bangsa Solo yaitu Ibu Indah Maulani, S.H., M.H. selaku pengampu mata kuliah Hukum Perkawinan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kegiatan kunjungan instansi di Kemenag Solo ini diikuti 20 mahasiswa Universitas Duta Bangsa Solo. Dalam kuliah pakar, Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag, Umi khozanah Mujtahidah, S.Ag. M.M., menyampaikan pentingnya pendalaman agama menjadi fondasi dalam melangsungkan pernikahan, karena pada dasarnya dalam agama apa pun itu tidak dianjurkan untuk menikah beda agama, namun juga tidak melarang.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Mahasiswa RMIK Universitas Duta Bangsa Gelar Sharing dan Diskusi Virtual Bersama Pelajar

Oleh karena itu dengan kita menjalankan sesuai dengan kepercayaan masing-masing, maka pernikahan beda agama tidak lah akan terjadi. Sesuai dengan Pasal 2 ayat (1) Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 yang berbunyi Perkawinan adalah sah apabila dilakukan menurut hukum masing- masing agama dan kepercayaan itu.

Mengutip siaran pers yang diterima Solopos.com pada Kamis (30/6/2022), kunjungan instansi merupakan program kerja dari yang diadakan oleh Universitas Duta Bangsa secara berkelanjutan.

Baca Juga: Lowongan Dosen Universitas Duta Bangsa Surakarta

Dengan adanya kunjungan instansi ini diharapkan peserta dapat mengetahui bagaimana pernikahan  beda agama di Indonesia pada saat ini  di mana pernikahan beda agama saat ini sedang menjadi perbincangan di kalangan masyarakat terkait beberapa peristiwa pernikahan antara pasangan yang beda agama.

Baca Juga: Seru, Universitas Duta Bangsa Solo Gelar Outbound Dosen dan Tendik

Setelah itu acara diakhiri dengan serah terima cindera mata antara FHB Universitas Duta Bangsa diwakili Indah Maulani, S.H., M.H. selaku Pengampu Mata Kuliah Hukum Perkawinan dan Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag, Umi khozanah Mujtahidah, S.Ag. M.M.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya