SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, PONOROGO — Masyarakat Ponorogo, Jawa Timur, selama empat hari, Sabtu-Selasa (27-30/7/2019), dihibur dengan beragam kesenian dan budaya dari berbagai negara dalam Festival Topeng dan Folklore International.

Ada tujuh negara yang andil dalam kegiatan yang baru kali pertama diselenggarakan Pemkab Ponorogo itu, yakni Uzbekistan, Korea Selatan, Rusia, Meksiko, Ekuador, Slovakia, dan Timor Leste. Selain kesenian dari luar negeri, juga ditampilkan kesenian dari Indonesia terutama reog Ponorogo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selama festival berlangsung, setiap negara menampilkan kesenian khususnya tari untuk ditunjukan kepada publik di Ponorogo. Beragam kesenian unik dari masing-masing negara itu pun menjadi penghibur masyarakat.

Ekspedisi Mudik 2024

Pada saat penutupan festival itu, Selasa malam, ribuan orang tumpah ruah di Alun-alun Ponorogo untuk menyaksikan aksi para delegasi masing-masing negara.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, menyampaikan ini merupakan agenda internasional pertama yang diselenggarakan Pemkab Ponorogo. Dalam festival ini, ada tujuh negara yang ikut unjuk gigi dalam kegiatan itu.

Melalui kegiatan ini, kata Ipong, diharapkan bisa menjadi sarana untuk mengenalkan Ponorogo ke dunia luar.

“Tentu dampaknya tidak bisa langsung dinikmati sekarang. Tapi minimal ini untuk lebih mengenalkan Ponorogo di dunia internasional,” kata Ipong Muchlissoni seusai penutupan Festival Topeng dan Folklore International.

Bupati menyampaikan selama pelaksanaan festival ini berjalan baik dan lancar. Menurutnya, tidak ada kendala berarti selama pelaksanaan festival berlangsung. Ribuan masyarakat juga bisa menikmati dan mengetahui kesenian dan budaya luar secara langsung. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya