SOLOPOS.COM - Kelompok Teater Pelajar Ganesa membawakan lakon Timun Mas saat mengikuti Festival Teater Pelajar di Kudus, Jateng, Minggu (20/11/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

 

Festival Teater Pelajar 2016 yang digelar Teater Djarum dimenangi SMP Gebok Kudus.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Semarangpos.com, KUDUS — Teater NSA dari SMPN 3 Satu Atap Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) ditetapkan sebagai peserta terbaik Festival Teater Pelajar (FTP) 2016. Sedangkan untuk tingkat SMA, gelar juara diraih teater Apotek dari SMK Duta Karya Kudus.

“Terbaik kedua untuk tingkat SMP diraih teater Espero dari SMPN 2 Kudus, serta terbaik ketiga diraih Teater Ukur dari MTs NU Maslakhul Falah,” kata Wakil Koordinator Teater Djarum, Chanif, di Kudus, Senin (21/11/2016). Festival Teater Pelajar (FTP) 2016 digelar Teater Djarum bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat.

Untuk tingkat SMA, lanjut Chanif, gelar terbaik kedua diraih Teater Studi One dari SMA 1 Kudus, sedangkan gelar terbaik ketiga diraih Teater Jangkar Bumi dari MA NU Qudsiyyah.

Ia mengatakan bhawa FTP merupakan program rutin tahunan Teater Djarum dengan melibatkan siswa-siswi tingkat SMP dan SMA se-Kabupaten Kudus yang berisi lomba karya seni teater antarkomunitas teater yang ada di sekolah-sekolah menengah di Kudus.

FTP Kabupaten Kudus, lanjut dia, memperebutkan gelar-gelar bergengsi, antara lain: teater terbaik, sutradara terbaik, pemeran utama terbaik, pemeran pembantu terbaik, dan penata artistik terbaik. Peserta terbaik yang ada sekarang, kata Chanif, telah lolos tahapan, mulai dari babak seleksi serta babak final.

Babak seleksi dilaksanakan di sekolah masing-masing yang berlangsung pada tanggal 31 Oktober hingga 9 November 2016. Tim juri seleksi teater pelajar tingkat SMP/MTs/sederajat, meliputi Jumari H.S., Warih Bayu Wicaksono dan M. Zaini, kemudian tim juri untuk tingkat SMA, antara lain, Asa Jatmiko, Agus Syarofuddin dan Kanzunuddin.

Para juri menilai penampilan 37 pertunjukan teater pelajar peserta FTP yang terdiri atas 11 teater pelajar tingkat SMP dan 26 teater pelajar tingkat SMA, kemudian memutuskan sembilan teater pelajar teater terbaik yang berhasil maju ke babak final. Tahapan berikutnya, babak final mulai 19 hingga 20 November 2016 di GOR Djarum Kaliputu, Kudus.

Festival teater tersebut, bertujuan untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah. “Adapun tema festival teater tahun ini mengenai dongeng atau cerita nusantara. Tema ini sekaligus sebagai salah satu upaya menjaga budaya Jawa agar tidak ditinggalkan generasi muda,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya