SOLOPOS.COM - Salah satu adegan dalam pertunjukan teater berjudul Kukut yang ditampilkan Teater Prodo di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), Minggu (17/11/2013) malam. Teater pelajar SMA Batik 1 Solo ini menjadi salah satu penampil terbaik dan peraih pemerang putra terbaik pada gelaran Festival Teater Berbahasa Jawa se-Jawa Tengah 2013. (Mahardini/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO —  Festival Teater Berbahasa se-Jawa Tengah 2013 di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), Minggu (17/11/2013) malam, berakhir. Akademisi asal Jogja Agus Prasetyo, memberikan sejumlah kritik atas penyelenggaraan festival teater itu.

Agus menyorot penggunaan bahasa Jawa yang digunakan sejumlah pemeran masih terlihat sekadar tempelan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Penggunaan bahasa Jawa ini sudah bagus. Tapi banyak yang lafalnya belum tepat. Meskipun sudah ada yang tampil medok. Kelompok teater seharusnya juga punya gaya penampilan, di sini belum muncul,” pungkasnya.

Secara terpisah, Pembina Teater Prada (SMA Batik 1 Solo), Esti Suryani, mengatakan persiapan yang dilakukan kelompoknya hingga berhasil meraih penyaji terbaik dan pemeran putra terbaik dilakoni selama 2,5 bulan.

“Naskah dan semuanya kami garap sendiri. Penulis naskahnya dari guru bahasa Jawa SMA Batik 1, Suryo Ngumboro. Sebelum ikut festival anak-anak rutin berlatih sepekan sekali, setelah ada pengumuman, intensitas latihan ditingkatkan menjadi tiga kali sepekan. Lewat pementasan ini kami ingin menyampaikan kalau pendidikan bukan hanya diperoleh dari bangku sekolah saja tetapi juga dari lingkungan sekitar,” pungkasnya.

Berikut ini daftar pemenang Festival Teater Berbahasa Jawa 2013

Penyaji Terbaik Tanpa Jenjang:    

Teater Dong (SMAN 7 Solo) dengan lakon Sadumuk Bathuk Sanyari Bumi

Teater 9 (SMKN 9 Solo) dengan lakon Sepasang Netra Kang Endah

Teater Prodo (SMA Batik 1 Solo) dengan lakon Kukut

 

Pemeran Putra Terbaik:

Indra dari Teater Prodo (SMA Batik 1 Solo)

Pemeran Putri Terbaik:

Indah Mulyaningsih (SMKN 1 Demak)

Penata Artistik Terbaik:

Teater 9 (SMKN 9 Solo)

Penata Musik Terbaik:

Teater Nglilir (SMAN 1 Karanganyar)

Penyaji Terfavorit Pilihan Penonton:

Teater Dong (SMAN 7 Solo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya