Tutup Iklan -->
Festival Teater 2019 Digelar di Semarang, 25 Kelompok Unjuk Kebolehan
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat menghadiri Festival Teater Jateng di Gedung RRI, Kota Semarang, Jumat (25/10/2019). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 25 kelompok teater se-Jawa Tengah (Jateng) unjuk kebolehan dalam ajang Festival Teater 2019 yang digelar di Gedung Radio Republik Indonesia (RRI), Kota Semarang, Kamis-Sabtu (24-26/10/2019).

Ajang yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng ini turut disaksikan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Ganjar pun berharap ajang itu bakal digelar secara rutin pada tahun-tahun berikutnya sebagai proses kreatif pemuda. Ia menilai jalinan kerja sama antara Pemprov Jateng dengan seniman sangat dibutuhkan untuk mewadahi para seniman muda.

“Penting juga kerja sama dengan provinsi seperti ini, sehingga fasilitasi ini bisa mewadahi mereka untuk kreatif,” ujar Ganjar seusai menyaksikan pertunjukan teater dalam ajang tersebut, Sabtu.

Ganjar menilai pertunjukkan teater merupakan wadah bagi anak muda dalam membangun sumber daya manusia (SDM). Hal itu sejalan dengan program utama Ganjar pada periode kepemimpinannya, yakni pembangunan SDM.

Festival Teater Jateng ini merupakan yang kali pertama digelar Pemprov Jateng. Sebelumnya, Pemprov Jateng juga menggelar ajang kesenian lain, seperti festival tari, dan festival film.

“Saya ingin tahu pesan anak muda teater itu apa? Saya ingin tahu, mestinya kan penampilan menunjukkan kegelisahan, konflik sosial, penampilan apa pun lah. Atau, jangan-jangan ini merefleksikan kondisi nasional. Saya ingin tahu ekspresi anak muda sekarang kalau main teater seperti apa?” ujar Ganjar.

Selain itu Ganjar juga mengatakan ajang tersebut sebagai rangsangan gerakan kesenian. Menurut Ganjar semestinya seniman semakin sering menampilkan pertunjukan di manapun bahkan termasuk ruang-ruang terbuka. Selain untuk mengasah kepekaan, juga untuk mengedukasi masyarakat.

Festival yang mengangkat tema Etan Kulon Golek Lakon itu juga akan diwargani dengan penganugerahan untuk penampilan terbaik. Penampilan 25 kelompok tersebut dinilai oleh tiga dewan juri, Hanindawan, Luhur Kayungga, dan Yopi Hendrawan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho