SOLOPOS.COM - Pengunjung mengamati karya foto pada pameran peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Monumen Pers Nasional, Solo, Rabu (1/2/2023). (Solopos.com/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO —Monumen Pers Nasional menggelar Festival Pers 2023 selama satu bulan penuh untuk menyambut Hari Pers Nasional. Salah satu pembuka rangkaian acara festival ini adalah Pameran foto HPN bertema Era Kepemimpinan Presiden Jokowi pada 2014 – 2022. Pameran ini resmi dibuka untuk masyarakat umum mulai Rabu (1/2/2023).

Sebanyak 50 foto Jokowi yang ditampilkan dalam pameran. Ada beragam gambar di sana, mulai dari potret Jokowi saat ikut merayakan HPN pada 2015 silam di Kota Solo, potret Jokowi yang menyambut kunjungan tokoh-tokoh internasional, potret Jokowi mempimpin berbagai pertemuan, dan masih banyak lagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pembukaan pertama pameran juga dihadiri oleh Putra sulung Presiden Jokowi sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Gibran sempat memandangi satu per satu potret Kepemimpinan Jokowi yang dipamerkan di sana.

Memasuki sebuah lorong, Gibran melihat beberapa potret Kepemimpinan era Jokowi ditemani Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong, Kepala Monumen Pers, Widodo Hastjaryo, serta Pimpinan Redaksi Solopos, Rini Yustiningsih.

Ekspedisi Mudik 2024

Pantauan Solopos.com, sejumlah masyarakat umum juga tampak antusias menikmati potret Presiden Jokowi di era Kepemimpinan 2014 sampai 2022. Di lokasi pameran, panitia menyediakan booth bagi pengunjung yang ingin berswafoto di Festival Pers 2023, serta challange TTS berhadiah yang bisa diisi pengunjung langsung di lokasi pameran.

Bersamaan dengan pembukaan pameran pada hari itu, Monumen Pers juga mengadakan Talkshow bertema Masa Depan Pers Nasional Menghadapi Disrupsi Digital.

Talkshow ini mengundang Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul tentang tantangan dan peluang wartawan atau insan pers di era disrupsi digital, tentang tantangan dan peluang wartawan atau insan pers di era disrupsi digital.

Kemudian, Sekjen PWI Pusat, Mirza Zulhadi soal tantangan dan peluang perusahaan pers di era disrupsi digital. Serta Kepala Monumen Pers Nasional, Widodo Hastjaryo tentang peran Monumen Pers dalam ekosistem pers di Soloraya dan Indonesia.

Acara Talkshow dimoderatori  Pimpinan Redaksi Solopos, Rini Yustiningsih.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengucapkan terima kasih atas kunjungan seluruh masyarakat dalam opening pameran foto Jokowi di awal era kepemimipinan hingga 2022.

“Terima kasih sekali hari ini menyempatkan hadir untuk mengunjungi acara festival pers 2023 di Monumen Pers, saya ucapkan terima kasih sekali kepada pak Dirjen, dan seluruh narasumber yang hadir,” ucap dia saat jumpa pers di lokasi.

Gibran juga berterima kasih atas dukungan media yang berperan dalam pemulihan pascapandemi.

“Teman-teman media yang sudah luar biasa sekali selama dua tahun terakhir ini ya terutama pada masa-masa Covid-19 kemarin ikut menyuarakan tentang pentingnya vaksin dan lain-lain, sangat banyak sekali,” ucap dia saat jumpa pers di Monumen Pers Nasional.

Memasuki tahun politik, Gibran mengharapkan peran media sebagai insan pers bisa memberikan informasi berita yang edukatif dan positif kepada masyarakat umum.

“Ya harapannya nanti masuk tahun politik, ya kita harap segala pemberitaan bisa lebih mengedukasi warga, lebih banyak tone positif, tone optimisme dan harapannya nanti bisa men-trigger percepatan ekonomi pascapandemi,” ujar dia.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong turut mengapresiasi Festival Pers 2023 yang bertema Pers Bebas Demokrasi Bermartabat.

“Pemerintah mendukung kebebasan pers, tapi kebebasan pers itu harus dikelola dengan baik,” terangnya kepada wartawan.

Dengan begitu, kata Usman, pers tidak memunculkan output berita yang kualitasnya semakin menurun. Usman percaya pers yang bebas membuat demokrasi menjadi bermartabat.

Kepala Monumen Pers, Widodo Hastjaryo menerangkan puncak kegiatan HPN akan diadakan di Universitas Sumatra Utara, di Medan pada Rabu (8/2/2023).

“Semacam seminar, karena puncak HPN 2023 di sana dengan tema semangat jurnalistik mahasiswa dan intervensi kampus,” jelasnya.

Monumen pers juga mengadakan Festival Pers 2023 yang dibagi lebih dari 10 kegiatan. Ia mengatakan, Monumen Pers selalu menyelenggarakan serangkaian acara Festival Pers menyambut HPN setiap tahunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya