SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANTUL—Festival Perahu Naga yang berlangsung di Bendung Tegal Desa Canden Kecamatan Jetis, Minggu (24/6) menutup rangkaian Perayaan Peh Cun.

Festival Perahu Naga yang sudah digelar sejak empat tahun lalu ini diikuti tim dayung dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY. Gelaran ini merupakan hasil kerja sama Dinas Pariwisata DIY, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Komunitas Masyarakat Tionghoa dan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI).

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Panitia Peh Cun 2012, Jimmy Sutanto mengatakan, festival perahu naga ini sudah populer dilakukan di Tiongkok untuk memperingati Peh Cun. Perahu Naga merupakan sesuatu yang tidak terpisahkan dari perayaan Peh Cun yang memperingati Perdana Menteri Qu Yuan yang bunuh diri ke laut.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dulu, perahu naga digunakan untuk mencari jenazah Perdana Menteri Qu Yuan. Sehingga ada tradisi festival perahu naga di setiap sungai di negeri Tiongkok,” jelas Jimmy saat ditemui di sela-sela acara, Minggu (24/6).

Festival ini diikuti 15 tim dayung yang melintasi bendung Tegal sepanjang 350 meter untuk memperebutkan total hadiah sebesar Rp24 juta.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya