Festival Pendidikan Astra: Transformasi Pendidikan Mencapai SDGs

Pendidikan menjadi salah satu pilar pendukung untuk mencapai kesejahteraan masyarakat pada 2030.

 Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim sebagai keynote speech dalam Festival Pendidikan Astra 2021 yang digelar secara virtual Selasa (4/5/2021). (Solopos.com-dok.Astra)

SOLOPOS.COM - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim sebagai keynote speech dalam Festival Pendidikan Astra 2021 yang digelar secara virtual Selasa (4/5/2021). (Solopos.com-dok.Astra)

Solopos.com, JAKARTA – Sejalan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional, Astra Selasa (4/5/2021) mengadakan Festival Pendidikan Astra 2021 secara virtual. Dengan mengusung tema, Transformasi Pendidikan Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Pendidikan menjadi salah satu pilar pendukung untuk mencapai kesejahteraan masyarakat pada 2030 melalui Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Selain peran guru dan murid yang dapat memajukan pendidikan di Indonesia. Juga perlu kolaborasi antara pemerintah dan berbagai pihak untuk mewujudkan kesejahteraan tersebut.

Kegiatan Festival Pendidikan Astra ini bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek) serta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Republik Indonesia.

Baca juga: Kementerian Pertahanan Mulai Rekrut Komcad

Hadir secara virtual Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, Menteri PPN Suharso Monoarfa, dan Direktur Astra Gita Tiffani Boer.

"Kami mengupayakan transformasi sistem pendidikan melalui merdeka belajar untuk menjadikan pendidikan Indonesia lebih adaptif. Kemudian menjadikan pengembangan karakter sebagai fokus transformasi pendidikan. Untuk itu kami mengapresiasi dan terima kasih kepada Astra dalam pelaksanaan Festival Pendidikan Astra 2021. Bahkan ini sebagai ruang untuk menemukan gagasan baru dalam membangun kolaborasi dan sinergi antara vokasi dan dunia industri," ujar Mendikbudristek Nadiem dalam sambutannya.

“Kita perlu mengharapkan suatu strategi dan aksi korporatif yang tepat untuk bersama-sama memajukan pendidikan di Indonesia. Selain itu saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang berpartisipasi pada Festival Pendidikan Astra tahun 2021 yang bertepatan dalam Hari Pendidikan Nasional,” tutur Menteri PPN Suharso dalam sambutannya.

Baca juga: Astra Motor Jateng Kolaborasi Bareng Ditlantas Polda Jateng Adakan Webinar Edukasi Safety Riding

Nota Kesepahaman Dukung SDGs

“Sejak tahun 2015, Astra juga telah menjadikan SDGs sebagai salah satu acuan dalam menyusun program-program CSR di bidang pendidikan, khususnya tujuan keempat, yakni menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata. Serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua,” kata Direktur Astra Gita Tiffani Boer.

Terdapat beberapa rangkaian yang telah dilaksanakan dalam Festival Pendidikan Astra tahun 2021. Seperti Lomba Inovasi Karya Guru (Linkar) ke-8, Capacity Building Guru PAUD Holistic Integrative yang dihadiri lebih dari 2.000 Guru PAUD. Pengembangan Guru Hebat SMK, Lestari Leadership Program, Kupas Tuntas Asesmen Nasional, dan Talkshow Inspirasi Kartini Membangun Negeri.

Dalam Festival Pendidikan Astra tersebut, Astra bersama Kementerian PPN juga menandatangani nota kesepahaman. Untuk mendukung percepatan peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan di Indonesia.

Baca juga: Volume Kendaraan Masuk Solo Naik Sejak 3 Hari Menjelang Larangan Mudik

Penganugerahan pemenang lomba Inovasi Karya Guru Astra yang ke-8 penutup Festival Pendidikan Astra. Serta Bincang Inspiratif dengan tema Transformasi Pendidikan menghadirkan para pembicara yang kompeten di bidangnya.

Adalah praktisi pendidikan Najelaa Shihab, CMO AyoBlajar dan Harvard Alumna Nadhira Afifa, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim Herawati Prasetyo, Direktur Politeknik Manufaktur Astra Tony Harley Silalahi. Serta penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2020 bidang pendidikan Eklin Amtor De Fretes.

Upaya yang dilakukan Astra terhadap pendidikan di Indonesia sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan tujuan keempat Pendidikan Berkualitas pada pilar sosial SDGs.

Festival Pendidikan Astra
Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah (kiri), Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Subandi Sardjoko (kanan) menandatangani nota kesepahaman untuk mendukung pencapaian target SDGs dalam Festival Pendidikan Astra 2021 yang dilakukan secara virtual, Selasa (4/5/2021).

 

 

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      BNBP Beri Dana Siap Pakai Rp250 Juta untuk Penanganan Erupsi Gunung Semeru

      Bantuan dana siap pakai diperuntukkan operasional pos komando (posko) penanganan darurat awan panas guguran APG (APG) Semeru.

      KPK: Bupati Bangkalan Diduga Mematok Tarif hingga Rp150 Juta untuk Satu Jabatan

      Bupati Bangkalan R. Abdul Latif diduga mematok tarif Rp50 juta hingga Rp150 juta untuk lelang satu jabatan di Pemkab Bangkalan.

      KPK Tahan Bupati Bangkalan karena Diduga Terima Uang Suap Rp5,3 Miliar

      KPK menahan enam tersangka dalam kasus suap jabatan yang melibatkan Bupati Bangkalan.

      Mendagri Tito Karnavian Bantah Kepulauan Widi Boleh Dijual ke Asing

      Pemerintah menyambut minat investor untuk mengelola sumber daya yang terdapat di pulau-pulau kecil.

      Pengamat Yakin PAN bakal Duetkan Ganjar-Erick Thohir di Pilpres 2024

      Sinyal PAN bakal menduetkan Ganjar dan Erick Thohir berulangkali tampak dari sejumlah pernyataan petinggi partai tersebut.

      Terpilih secara Aklamasi, Gus Nabil Kembali Pimpin Pagar Nusa

      Gus Nabil kembali memimpin Pagar Nusa terpilih secara aklamasi setelah unggul dalam pemungutan suara pada tahap pencalonan.

      3 Jenazah Tukang Ojek Korban KKB Papua Dievakuasi ke Jayapura

      Jenazah ketiga korban yang berprofesi sebagai pengemudi ojek itu sudah dievakuasi ke Jayapura dan selanjutnya dikirim ke kampung halamannya di Muna, Sulawesi Tenggara untuk dimakamkan.

      GP Ansor Kutuk Aksi Bom Bunuh Diri di Mapolsek Astanaanyar Bandung

      Menurut GP Ansor, terorisme harus dibasmi hingga ke akar-akarnya.

      5 Kebohongan Ferdy Sambo di Sidang menurut Bharada Richard Eliezer

      Kesaksian Sambo mendapatkan bantahan keras dari Bharada Richard Eliezer karena menurutnya diliputi kebohongan.

      Hukum Islam: Pelaku Bunuh Diri Kekal dengan Siksaan di Neraka

      Dalam pandangan Islam, bom bunuh diri merupakan tindakan yang diharamkan dan masuk kategori dosa besar.

      Bomber Mapolsek Tewas Seketika, Aiptu Sofyan Gugur dengan Luka di Leher

      Agus Sujatno tewas seketika dalam kondisi tubuh terpisah menjadi tiga bagian.

      Pahlawan, Aiptu Sofyan Selamatkan Rekan dari Bom Bunuh Diri di Mapolsek

      Sofyan adalah polisi yang menghalau Agus Sujatno saat mantan napi teroris itu hendak merangsek masuk ke Mapolsek Astanaanyar, Rabu (7/12/2022) pagi.

      Pemain Maroko Bersujud Usai Depak Spanyol, Begini Sujud Syukur Menurut Islam

      Pemain Tim Nasional Maroko merupakan salah satu tim yang paling banyak melakukan sujud syukur di lapangan.

      Tok! Pemerkosa 5 Anak Kandung dan 2 Cucu Divonis Penjara Seumur Hidup

      Para korban yang merupakan darah dagingnya sendiri itu dirudapaksa sejak mereka masih berusia di bawah lima tahun.

      Bantah Richard Eliezer, Ferdy Sambo Klaim Tak Ingin Yosua Dibunuh

      Ferdy Sambo menegaskan dirinya hanya memerintahkan Richard Eliezer untuk menghajar Brigadir Yosua dan bukan menembaknya.