SOLOPOS.COM - Gusti Raden Ajeng Ancillasura Marina Sudjiwo. (Ika Yuniati/JIBI/Solopos)

Festival Payung Indonesia 2017 dilaksanakan di Pura Mangkunegaran Solo.

Solopos.com, SOLO — Putri K.G.P.A.A. Mangkunagara IX Gusti Raden Ajeng Ancillasura Marina Sudjiwo dipercaya sebagai maskot Festival Payung Indonesia (FPI) 2017 yang digelar di area Pura Mangkunegaran Solo, Jumat-Minggu (15-17/9/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dipilihnya Ancillasura sebagai maskot merupakan hal baru dalam sejarah perjalanan festival payung. Ia dianggap mewakili anak muda zaman sekarang yang melek teknologi sekaligus peduli pada budaya tradisi.

Saat sesi pemotretan, G.R.A. Ancillasura mengenakan kostum etnik rancangan Dian Oerip dari Jakarta. Dia mengenakan kombinasi kain lurik dan ragam lain dari wastra budaya Nusantara.

Saat sesi wawancara di Prangwedan Pura Mangkunegaran, Jumat (8/9/2017), Ancillasura mengatakan ini merupakan hal baru baginya.

Namun ia merasa bahagia dan sangat tersanjung ketika kali pertama ditawari untuk menjadi maskot acara sebesar FPI.

Sebagai bentuk tanggung jawabnya sebagai maskot, Ancilla ingin mulai belajar soal payung dan sejarahnya yang awalnya hanya ia tahu sebatas permukaan.

Menurut Ancilla, di Pura Mangkunegaran payung tak sekadar alat berlindung dari panas dan hujan tetapi juga menjadi salah satu pusaka budaya.

“Ini ilmu baru buat saya. Lebih belajar banyak lagi tentang payung dan sejarahnya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya