Festival Literasi Keberagaman Pertemukan 8 SMK/SMA di De Tjolomadoe

Delapan sekolah jenjang SMA/SMK di Soloraya akan bertemu dalam Festival Literasi Keberagaman di De Tjolomadoe, Karanganyar, yang rencananya dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Jumat, 25 Maret 2022 - 06:00 WIB Penulis: Afifa Enggar Wulandari Editor: Suharsih | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Solopos Institute menggelar workshop literasi keberagaman untuk guru berbasis esai, berita kisah, dan video. Workshop digelar sejak 20 Desember 2021 hingga 14 Januari 2022. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Solopos Institute menggelar Festival Literasi Keberagaman yang akan mempertemukan delapan sekolah jenjang SMA/SMK di Soloraya, Sabtu (26/3/2022).

Acara yang berlangsung di De Tjolomadoe, Karanganyar, pukul 09.00 WIB hingga 12.20 WIB itu rencananya dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Kegiatan tersebut juga akan disiarkan langsung melalui YouTube Espos Live.

Project Leader Program Literasi Keberagaman Solopos Institute, Sholahuddin, kepada Solopos.com, Kamis (24/3/2022), mengatakan Festival Literasi Keberagaman merupakan puncak acara program Internalisasi Literasi Keberagaman melalui Jurnalisme untuk Guru dan Siswa SMA/SMK di Soloraya.

Baca Juga: Disdikbud Jateng Apresiasi Festival Literasi Keberagaman Solopos

Seluruh rangkaian Festival Literasi Keberagaman bertujuan untuk membangun karakter sekolah yang inklusif. “Itu menjadi puncak Internalisasi Literasi Keberagaman melalui Jurnalisme untuk Guru dan Siswa SMA/SMK di Soloraya. Tujuannya memang untuk membangun sekolah yang inklusif,” jelas Sholahuddin.

Acara ini akan mempertemukan peserta program literasi keberagaman, dari kalangan guru fasilitator maupun siswa dari delapan sekolah yang menjadi lokasi program. Delapan sekolah itu meliputi SMAN 1 Sukoharjo, SMKN 3 Sukoharjo, SMKN 2 Klaten, SMAN 1 Cawas, Klaten, SMAN 3 Solo, SMAN 4 Solo, SMKN Ngargoyoso, Karanganyar, dan SMAN Kerjo, Karanganyar.

Selain turut mengundang Ganjar Pranowo, diundang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Uswatun Hasanah. Tak kalah seru, akan ada pengukuhan sekolah keberagaman dan pengumuman lomba keberagaman bagi para peserta.

Baca Juga: Program Literasi Keberagaman Selaras dengan Sekolah Penggerak

Nilai-Nilai Toleransi

Para guru fasilitator dan siswa yang terlibat dalam Festival Literasi Keberagaman juga diharapkan mampu mentransformasikan nilai-nilai toleransi, perdamaian, penghargaan serta keterampilan jurnalistik kepada komunitas sekolah dan masyarakat.

Sholahuddin menambahkan nantinya akan ad talkshow juga dengan pembicara standup comedian, Sakdiyah Ma’ruf. Lalu Tri Winarno sebagai fasilitator Literasi Keberagaman dan Pendeta Yery Patinasarani selaku tokoh agama.

Stan untuk sekolah yang menjadi peserta juga disediakan agar mereka bisa memamerkan keberhasilan program literasi keberagaman berikut kemajuan yang telah dicapai selama mereka terlibat dalam program ini

Baca Juga: Ganjar: Literasi Keberagaman Perlu Direplikasi ke Sekolah di Jateng

“Ada Sakdiyah Ma’ruf akan menjadi pembicara talkshow dan tampil stand up comedy. Ada stan juga untuk sekolah peserta,” terangnya.

Berbagai program kegiatan telah dijalankan oleh penyelenggara dan peserta. Sejak 3 Agustus 2020, setidaknya 12 agenda program telah selesai dilaksanakan. Ada penulisan modul literasi untuk siswa dan guru, ToT literasi keberagaman, workshop literasi keberagaman untuk siswa di delapan sekolah, dan workshop esai keberagaman untuk guru.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif
HEADLINE soloraya Seru! Lomba Mewarnai & Fashion Show Anak di Sragen, Biar Tambah PD 5 menit yang lalu

HEADLINE soloraya Begini Cara Tukang Pungut Sampah di Sragen Peringati HUT ke-77 RI 41 menit yang lalu

HEADLINE soloraya Tak Cuma Penjual, Pembeli Lahan Bong Mojo Solo juga Bisa Dijerat Pidana 41 menit yang lalu

HEADLINE soloraya Harga Tepung Terigu di Wonogiri Tembus Rp265.000 per Sak, Penyebabnya? 48 menit yang lalu

HEADLINE soloraya Kloter Terakhir Tiba di Debarkasi Haji Solo, 1 Orang Masih Tertahan 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Gulma Tumbuh Subur di WGM Wonogiri, Ini Dampaknya 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Begini Kemeriahan Siswa SMPN 2 Sambirejo Sragen Peringati HUT ke-77 RI 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Bisnis Hotel di Sragen Berkembang, Begini Kata Pelaku Usaha 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Loncat ke Sungai Bengawan Solo, 1 Orang di Sragen Hilang 2 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Jalan Ngargoyoso Rusak, Pemkab Karanganyar Didesak segera Perbaiki 3 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Lokasi Tawangmangu Baru, Surganya Wisata Kuliner Internasional 3 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Jalan Tembus Tawangmangu-Sarangan Disulap Jadi Tempat Wisata Kuliner 4 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Unik dan Lezat, Yuk Cicipi Keripik Pisang Batik dari Sragen 7 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Ikut Seminar, Guru Swasta Boyolali Curhat Masih Kebingungan Soal IKM 8 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Sempat Tertunda Hujan, Konser Padi Reborn Sihir Penonton di Wonogiri 10 jam yang lalu