Festival Kota Lama Semarang Bakal Digelar Virtual, Begini Gambarannya
Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah. (Antara--R. Rekotomo)

Solopos.com, SEMARANG -- Ajang pariwisata di Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Festival Kota Lama (FKL) 2020, dipastikan bakal digelar secara daring atau virtual.

Festival ini menyusul Dieng Culture Festival (DFC) di Kabupaten Banjarnegara, Jateng, yang juga digelar daring.

Awalnya, Festival Kota Lama akan digelar secara offline pada 17-27 September 2020. Namun, pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai membuat rencana tersebut urung dijalankan.

Protes Minta Akses Toilet Umum, Youtuber Ini BAB di Depan Rumah Ketua DPR

Panitia akhirnya memilih menggelar Festival Kota Lama 2020 secara daring dengan tema "Kuna, Kini, Nanti".

Acara tersebut rencana digelar Jumat (18/9/2020) besok mulai pukul 19.00 WIB dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Mahkota Enterprise.

Ketua Panitia Festival Kota Lama 2020, Yeru Salimianto, mengatakan acara ini tetap berlangsung hanya saja dalam kemasan virtual. Acara berfokus pada live streaming concert yang akan digelar di area Parkir New PRPP Semarang.

Keluyuran di Karanganyar Tak Pakai Masker Kena Denda Rp20.000

Walking Tour Kota Lama

"Penyelenggaraan secara virtual dan fokus pada live streaming concert merupakan solusi terbaik. FKL 2020 tetap berlangsung, tapi upaya pencegahan virus juga tetap dijalankan," ucap Yeru, Kamis (17/9/2020), kepada Semarangpos.com.

Dia menjelaskan rangkaian kegiatan Festival Kota Lama 2020 seperti Pasar Sentiling atau Walking Tour Kota Lama, akan digelar setelah kondisi kondusif.

Keputusan menggelar FKL secara virtual telah dikonsultasikan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng.

Diklaim Aman Covid-19, Begini Penerapan Protokol Kesehatan KAI

Sebelumnya, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menginstruksikan agar event yang berpotensi mengundang kerumunan massa, seperti Festival Kota Lama, digelar secara virtual.

Hal itu disampaikan Ganjar saat memimpin upacara Gelar Operasi Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan di Balai Kota Semarang, Rabu (16/9/2020).

10 Berita Terpopuler : Wanita Cantik Bersihkan Kali Pepe Solo

Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Kepemudaan, Keolahragaan dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Setyo Irawan, mengatakan pembahasan menyepakati kegiatan konser tetap berlangsung dengan konsep daring.

"Sesuai arahan Pak Gubernur dan Kepala Dinas, disepakati bersama untuk drive in concert [live streaming] bisa dilaksanakan di PRPP. Sementara itu kegiatan kuliner, webinar, ditunda sesuai dengan perkembangan Covid-19," ungkapnya.

Meski digelar secara daring, live in concert Festival Kota Lama 2020 tetap menghadirkan sederet bintang seperti Trie Utami yang berkolaborasi dengan Artsen Quatro,Marcel Yudaperwira, Tirang Community Dance, Surya Orchestea, dan masih banyak lagi.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom