Festival Kopi Jawa Lengkapi Dieng Culture Festival

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, BANJARNEGARA — Java Coffee Festival atau Festival Kopi Jawa hadir melengkapi pergelaran Dieng Culture Festival (DCF) X yang diselenggarakan di Lapangan Pandawa, Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng, Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat-Minggu (2-4/8/2019).

Festival yang melibatkan pelaku industri kopi dari hulu ke hilir, baik petani, pengolah kopi, barista, dan pengusaha kedai kopi dari berbagai wilayah di Pulau Jawa serta didukung Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Purwokerto itu dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Banjarnegara Indarto pada hari kedua pergelaran Dieng Culture Festival X, Sabtu (3/8/2019).

Sekda Banjarnegara Indarto mengklaim yang dimaksud sebagai kopi Jawa dalam festival itu sebagai kopi khas Banjarnegara  “Kegiatan ini ditujukan untuk mendukung, memajukan, dan mengenalkan kopi khas Banjarnegara, yaitu robusta dan arabika,” katanya saat membuka kegiatan Java Coffee Festival itu sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara.

Ditegaskannya, kegiatan tersebut juga ditujukan untuk mengajak masyarakat agar ikut serta melestarikan kopi nusantara demi meningkatkan perekonomian dan menambah daya tarik wisata. Dinyatakannya kemudian bahwa kopi di era milenial bukan hanya dinikmati kaum adam, namun juga kaum hawa. Dalam wawasannya, pada masa sebelumnya, kopi melulu diminum lelaki.

“Kopi sekarang ini tidak lagi mencitrakan hanya untuk laki-laki dan berusia dewasa karena penikmat kopi di era sekarang ini malah banyak dari generasi muda, baik laki-laki maupun perempuan. Bahkan, di era industri kopi ini justru mereka menjadi tulang punggung perkembangan industri kreatif ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala KPw BI Purwokerto Agus Chusaini mengatakan pihaknya tertarik mengembangkan industri kopi namun dengan syarat harus dilakukan dari hulu ke hilir termasuk pemasarannya. Menurut dia, hal itu dilakukan agar petani mendapatkan hasil yang layak dalam proses pengembangan industri kopi.

“Pola seperti inilah yang selama ini kami kembangkan di Kabupaten Banjarnegara. Bantuan yang diberikan dari mulai bibit, pelatihan barista, pengelolaan pascapanen, hingga membantu pemasaran kopi,” katanya.

Terkait dengan kegiatan Java Coffee Festival, Koordinator Panitia DCF X yang juga Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa, Alif Faozi, mengatakan festival kopi tersebut merupakan menu baru dalam pergelaran DCF. Menurut dia, pilihan pada kopi disebabkan industri kreatif tersebut memiliki masa depan yang baik mengingat kuliner menjadi salah satu penyumbang terbesar devisa dalam dunia pariwisata.

“Kuliner membedakan dari cindera mata yang wujudnya tahan lama, sebab orang beli cendera mata untuk disimpan dalam jangka panjang. Namun di bidang kuliner transaksinya akan lebih sering, sebab dikonsumsi sehingga perputaran ekonominya lebih cepat dan dampaknya lebih terasa di masyarakat,” katanya.

Kegiatan Java Coffee Festival tersebut juga diisi dengan diskusi tentang kopi dengan menghadirkan sejumlah pembicara, salah satunya Muhammad Aga yang merupakan Juara Barista Indonesia Tahun 2018. Dalam kesempatan tersebut, Aga mengapresiasi gagasan panitia karena kegiatan festival kopi yang digelar di Dieng merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia sehingga diharapkan dapat kembali hadir pada pergelaran DCF tahun berikutnya.

“Biasanya festival kopi digelar di gedung-gedung, namun ini di daerah dingin dan lapangan rumput. Ini yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia,” tegasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Ngaku Kasatreskrim, Polisi Gadungan Tipu Guru PNS Hingga Rp68 Juta

Tersangka mengaku kepada korban sebagai anggota Polri berpangkat AKP dan menjabat sebagai Kasatreskrim Polres Madiun Kota.

Hampir Sebulan Banjir Rendam Jalan Trans Kalimantan, Kendaraan Antre Melintas

Banjir merendam jalan nasional sepanjang 2,5 kilometer sejak Senin (30/8/2021)

Resmi! Eks Mensos Juliari Batubara Jadi Penghuni LP Tangerang.

Bila harta Juliari tidak mencukupi, maka akan diganti dengan pidana penjara selama 2 tahun.

Yuk Buka Tabungan Secara Digital Melalui OCTO Savers CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengakselerasi kapabilitas fitur dan layanan aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk kemudahan nasabah.

Persis Solo Siapkan 3 Desain Jersey Penuh Filosofi

Bryan Barcelona mengatakan setiap desain jersey memiliki filosofi tersendiri yang berkaitan dengan sejarah Persis maupun identitas tim sebagai klub dari Solo.

Menimba Air, Warga Tasikmadu Karanganyar Temukan Jasad Orang di Dalam Sumur

Jasad warga Pandeyan, Tasikmadu, Karanganyar, ditemukan di dalam sumur oleh tetangga rumah kontrakannya, Kamis (23/9/2021).

Ini Dia Galaxy M22, HP Baru Samsung Harga Rp2 Jutaan

Samsung Galaxy M22 resmi hadir di Indonesia dan bakal dijual secara flash sale akhir bulan nanti.

Bersepeda, Wali Kota Madiun Semangati Warga dan Salurkan Bantuan

Kegiatan bersepeda itu selain menjadi sarana untuk menyemangati masyarakat juga untuk memastikan warga patuh protokol kesehatan.

Satpol PP Wonogiri Kurangi Patroli PPKM pada Malam Hari, Ini Alasannya

Satpol PP Wonogiri mengurangi patroli keliling pada malam hari selama PPKM level 3 namun lebih intensif pada siang hari.

Waduh! Squid Game Dianggap Jiplakan As the Gods Will, Bagaimana Faktanya?

Drama Korea teranyar Netflix, Squid Game, dituduh jiplakan film Jepang, As the Gods Will.

Resmi Diperkenalkan di Jateng-DIY, All New Honda BR-V Siap Mejeng di Solo dan Jogja

All New Honda BR-V dengan 5 varian dan pilihan warna ini dibanderol dengan harga on the road (OTR) di Jateng-DIY mulai Rp260 juta.

Gapoktan Jateng Berkomitmen Kuatkan Lumbung Pangan Masyarakat

Menjaga ketersediaan dan akses pangan perlu dilakukan dengan penguatan cadangan pangan melalui kegiatan lumbung pangan masyarakat (LPM).

Wuzz! Puting Beliung Sapu Kerjo Karanganyar, Atap 3 Rumah Warga Beterbangan

Atap tiga rumah warga Desa Tawangsari, Kerjo, Karanganyar, beterbangan disapu puting beliung yang melanda wilayah itu, Kamis (23/9/2021).

Berstatus Ayah-Anak, Gibran Ternyata Juga Mesti Buat Janji Dulu untuk Ketemu Presiden Jokowi

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ternyata mesti membuat janji dulu jika ingin bertemu ayahnya, Presiden Jokowi.