SOLOPOS.COM - Salah satu kelompok menampilkan kreativitas dalam Festival Karawitan Anak dan Remaja Kota Madiun 2017 di Gedung Kesenian setempat, Kamis (14/12/2017). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Ada 18 grup karawitan dari jenjang SD hingga SMA yang mengikuti Festival Karawitan tingkat Kota Madiun.

Madiunpos.com, MADIUN — Ratusan pelajar dari jenjang SD, SMP, hingga SMA di Kota Madiun mengikuti Festival Dalang Bocah dan Karawitan Anak dan Remaja tingkat Kota Madiun 2017. Festival ini dilaksanakan di Gedung Kesenian setempat pada Kamis (14/12/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ratusan pelajar itu mengenakan kebaya untuk perempuan dan pakaian Jawa untuk laki-laki. Ada 18 grup yang mengikuti festival tersebut. Masing-masing kelompok menyajikan kreativitas masing-masing. Setiap kelompok diwajibkam membawakan lagu Pecel Madiun.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Madiun, Agus Purwowidakdo, mengatakan acara ini sebagai upaya pemerintah melestarikan seni budaya Nusantara. Seni karawitan dan wayang kulit merupakan warisan budaya yang sarat nilai kehidupan.

“Kegiatan ini semoga menjadi wadah bakat dan minat pelajar Kota Madiun terhadap seni karawitan dan wayang kulit,” kata dia yang dikutip Madiunpos.com dalam siaran pers.

Agus menuturkan ada 18 grup karawitan yang mengikuti festival ini. Delapan grup dari jenjang SD/MI, enam grup dari jenjang SMP, dan empat grup dari jenjang SMA.

Setelah festival karawitan, kata dia, berlanjut festival wayang kulit dengan dalang dari kalangan pelajar. Ada enam finalis dalang bocah dari tingkat SD hingga SMP. Mereka beradu kemampuan memainkan dan bercerita menggunakan wayang kulit.

Juara festival dalang bocah akan tampil dalam pergelaran seni wayang kulit pada Jumat (29/12/2017). “Prinsipnya pemerintah wajib hadir memberikan fasilitas, pendampingan, hingga kesempatan unjuk gigi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya