SOLOPOS.COM - Ilustrasi jenang (Dok/JIBI/SOLOPO)

Ilustrasi jenang (Dok/JIBI/SOLOPO)

Puluhan ribu warga Solo dan sekitarnya tampak menyemut di Koridor Ngarsopuro, Solo, Minggu (17/2/201) pagi. Sambil berdesak-desakan, mereka tampak tak sabar menunggu setakir jenang yang akan dibagikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ya, pagi tadi Festival Jenang kembali menyapa Kota Bengawan memeriahkan HUT Solo  ke-268. Lebih dari tahun sebelumnya yang hanya menyajikan 10.000 takir, kali ini 15.000 takir disediakan panitia.

Ekspedisi Mudik 2024

Tak menunggu lama, belasan ribu takir jenang itu pun ludes dalam hitungan menit. Beberapa warga tampak membawa sendiri mangkuk saking antusiasnya.

“Iya ini bawa mangkuk sendiri. Biar lebih praktis dan dapatnya lebih banyak,” ujar Martini,warga Jebres sambil tersenyum.

Di Festival Jenang tersebut, tercatat ada 103 stan yang menawarkan 50 jenis jenang. Beberapa varian jenang diketahui berasal dari luar negeri seperti jenang Arab, jenang Tionghoa, jenang Korea dan jenang Jepang.

Ketua panitia Festival Jenang, Slamet Raharjo, mengaku senang antusiasme warga melebihi tahun sebelumnya. Pihaknya berharap kegiatan tersebut mampu menjadi titik balik kuliner lokal, khususnya jenang, untuk kembali dikenal di kalangan masyarakat.

“Ke depan, jenang juga bisa dikonsep untuk diperkenalkan di hotel maupun restoran. Sehingga makanan ini bisa dikenal khalayak luas.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya