SOLOPOS.COM - Sejumlah gerobak sapi yang dikendalikan bajingan akan memulai perjalanan di garis start dalam Festival Gerobak Sapi di Lapangan Getas, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Minggu (15/11/2015). (Harian Jogja/Sunartono)

Festival Gerobak Sapi di Mlati Sleman dimeriahkan ratusan gerobak sapi

Harianjogja.com, SLEMAN – Ratusan pengemudi gerobak sapi atau dikenal dengan Bajingan mengaspal di Mlati dalam perhelatan Festival Gerobak Sapi dengan start dan finisih di Lapangan Getas, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Minggu (15/11/2015). Para peserta melakukan kirab gerobak sapi dengan rute sepanjang 10 kilometer.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Festival itu digelar dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-2 Kelompok Paguyuban Pelestari Gerobak Sapi di Sleman Barat “Manunggal Lestari”. Para peserta berasal dari seluruh pemilik gerobak sapi di DIY utamanya Sleman dan Bantul dengan jumlahnya 100 bajingan lebih.

Ekspedisi Mudik 2024

Tiap bajingan membawa dua ekor sapi jantan sebagai penarik gerobak. “Tapi 50 bajingan diantaranya anggota kami dari Sleman barat,” ungkap Penasehat Manunggal Lestari, Yitno Suharjo, Minggu (15/11/2015).

Ia menambahkan, festival itu digelar dengan tujuan utama untuk melestarikan alat transportasi gerobak sapi. Dengan berkeliling, diharapkan masyarakat mengetahui bahwa, jauh sebelum ada alat transportasi yang memadai masyarakat zaman dahulu memakai gerobak sapi.

“Serta memberi dorongan, agar semangat lagi dalam meningkatkan perawatan terhadap ternak sapi, ujungnya agar meningkatkan kesejahteraan para peternak,” tegas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya